Keturunan Walisongo Terkuat Ada di Cirebon dan Banten, Begini Kata KH Tubagus Fathul Adzim

Keturunan Walisongo Terkuat Ada di Cirebon dan Banten, Begini Kata KH Tubagus Fathul Adzim

Keraton Kanoman tempat keberadaan Witana, bangunan pertama di Cirebon yang menjadi bukti Sejarah Hari Jadi Kota Cirebon atau Babad Alas Mbah Kuwu.-Yuda Sanjaya/Dok-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Belakangan ini terjadi kehebohan soal nasab para Habib dan Walisongo yang ada di Indonesia.

Persoalan ini mencuat setelah ulama asal Banten bernama KH Imaduddin Ustman mempertanyakan kemurnian nasab para Habib jalur Ba'alawi di Indonesia.

Persoalan yang dikemukakan oleh KH Imaduddin menimbulkan polemik. Ada yang setuju. Tapi tidak sedikit juga yang menentangnya. 

Meski demikian banyak juga orang yang menganggap hal tersebut sebagai hal sepele yang tidak perlu dibahas dan diperdebatkan.

Selama ini, para Habib sangat dihormati di Indonesia. Beberapa bahkan sangat terkenal dan berpengaruh sampai memiliki jumlah massa dan pengikut yang sangat besar.

Tidak heran jika KH Imaduddin memiliki banyak penentang dari kalangan umat Muslim di Indonesia. 

Terkait nasab para Habib, sebagian besar umat Muslim di Indonesia meyakini mereka adalah keturunan Rasulullah dari pernikahan Fatimah dengan Ali.

BACA JUGA:HORE! Mulai Minggu Ini Jadwal Penerbangan di Bandara Kertajati Bertambah, Rute Domestik Sabar Ya

Tidak heran, Muslim di Indonesia sangat menghormati para Habib. Selain karena ilmu agamanya juga karena percaya bahwa mereka keturunan dari Nabi Muhammad.

Nah, terkait hal itu, umat Mulsim Indonesia juga meyakini bahwa beberapa ulama pada masa lalu yang dikenal dengan sebutan Walisongo juga merupakan keturunan Nabi Muhammad. 

Walisongo adalah ulama-ulama besar yang berhasil menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Makam para wali tersebut masih ramai dikunjungi peziarah sampai sekarang.

Salah satunya ada di Cirebon yaitu Sunan Gunungjati atau Syekh Syarif Hidayatullah.

Karena Syekh Syarif menetap di Cirebon dan bertugas menyebarkan agama Islam di Jawa bagian barat. Sampai sekarang diyakini masih banyak keturunan yang masih memiliki jalur nasab langsung kepada ulama karismatik tersebut.

Keturunan Walisongo jalur Sunan Gunungjati ini lah yang konon memiliki jalur nasab paling kuat di Cirebon. Mengapa demikian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: