Jangan Khawatir, Ada 10 Trayek Bus dan Travel, Akses ke Bandara Kertajati Semakin Mudah

Jangan Khawatir, Ada 10 Trayek Bus dan Travel, Akses ke Bandara Kertajati Semakin Mudah

Rute baru travel Cirebon-Kertajati. Ilustrasi foto: -Dokumen-Radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Bagi warga disekitar wilayah Ciayumajakuning jika ingin melancong ke luar negeri, sekarang tidak perlu lagi harus ke Jakarta atau Tangerang terlebih dahulu.

Karena, Bandara Kertajati Majalengka sudah bisa melayani penerbangan ke luar negeri, meski baru sebatas ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk menuju ke Bandara Kertajatipun sekarang sangat mudah, mau menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung ke Tol Cipali.

Jangan khawatir, untuk calon penumpang pesawat yang ingin menggunakan moda transportasi umum pun juga tidak sulit.

BACA JUGA:Bos Batik Trusmi Sally Giovanny Buka-bukaan, Bongkar Dugaan Skandal Body Check Miss Universe Indonesia

BACA JUGA:Konon Pulau Terpencil yang Ada di Jember Jawa Timur Ini Adalah Pusat Pembelajaran Ilmu Gaib Nusantara

Sebab, pihak manajemen Bandara Kertajati sudah menjalin kerja sama dengan 10 perusahaan bus dan travel.

Ke-10 perusahaan bus dan travel ini akan mengantarkan calon penumpang pesawat langsung ke Bandara Kertajati tanpa hambatan.

"Kami sudah menggandeng 10 perusahaan bus dan travel, dengan harapan agar mampu memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat," kata Senior Manager Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB),H Agus, kepada radarcirebon.com beberapa hari yang lalu.

Disampaikan Agus, 10 travel tersebut nantinya akan melayani beberapa rute kota besar khususnya di Jawa Barat.

BACA JUGA:Awalnya di Karawang, Bandara Kertajati Dibangun di Majalengka, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Deretan Jalan Tol Termahal hingga Termurah di Jawa Barat, Tol Cisumdawu Nomor Berapa Ya?

Dengan demikian diharapkan akses menuju BIJB akan sangat mudah ditempuh oleh masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Kita sudah kerja sama dengan 10 perusahaan moda (travel) ke berbagai jurusan di Jawa Barat, diantaranya ke bandung," katanya.

Sementara itu, 10 moda transportasi yang sudah bekerja sama dengan BIJB tersebut yakni, PO Damri yang akan melayani rute Bandung - Kertajati, Cirebon - Kertajati dan Kuningan - Kertajati.

Bhinneka Sangkuriang (Bhisa) akan melayani Bandung - Kertajati, Cirebon - Kertajati dan Indramayu - Kertajati. Sedangkan Arnes Shuttle akan melayani rute Jatinangor - Kertajati dan Sumedang - Kertajati.

BACA JUGA:Nizar Zulfikar Dicoret dari Timnas Voli Putra Jelang Asian Men's Volleyball Championship 2023

BACA JUGA:HUT RI Sebentar Lagi, Banyak Pertokoan di Kota Cirebon Belum Pasang Bendera Merah Putih

Untuk PO Budiman akan melayani Tasikmalaya - Kertajati, sedangkan Blue Bird semua rute. Dan, P Trans sendiri akan melayani rute Purwakarta dan Subang - Kertajati.

Sementara untuk Sobat Trans akan melayani rute Cimahi - Kertajati dan MS Trans melayani rute Majalengka - Kertajati, Karawang - Kertajati serta Bandung - Kertajati.

Kemudian City Trans Utama akan melayani Bandung - Kertajati dan Tasikmalaya - Kertajati.

Semua moda transportasi tersebut sifat pelayanannya adalah Pergi - Pulang (PP).

Sementara, jelang diresmikannya operasional Bandara Kertajati Oktober 2023 mendatang, sejumlah tenan kembali aktif untuk melayani calon penumpang yang hendak menggunakan layanan penerbangan.

Saat ini, terdapat sedikitnya 5 tenan yang tersedia di Lantai 1 dan Lantai 2 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:2 Terowongan Ini Lebih Panjang dari Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Semua Ada di Jawa Barat

BACA JUGA:Ratusan Guru, Dosen, Wali Murid di Cirebon Unjuk Rasa: Blokir Rocky Gerung dari Tv, Bahaya untuk Anak Didik

Jumlah tenan tersebut tentunya diharapkan dapat bertambah pada saat penataan rute penerbangan antara Bandara Kertajati dan Bandara Husein Sastranegara (BDO) dilakukan.

Saat ini, terdapat tenant di Lantai 1 BIJB yakni Gerai CFC, Alfamart, dan Indomaret. Sedangkan di Lantai 2 tersedia Coffee Shop Kopi Nikmat yang menyediakan kopi juga jajanan tradisional serta kedai soto.

Meski baru sedikit, tetapi tenan di Bandara Kertajati saat ini sudah buka secara reguler dan pada waktunya penerbangan domestik dipindahkan, tentunya akan terus bertambah.

Seperti diketahui, saat ini penerbangan di Bandara Kertajati sudah dibuka secara reguler dengan jadwal seminggu 3 kali.

BACA JUGA:Satu Bulan Rp1,5 Miliar, Penghasilan Ayah dan Anak Peretas HP Kapolda Jateng

Penerbangan dioperasikan oleh Maskapai AirAsia Malaysia untuk rute Kuala Lumpur - Kertajati dan Kertajati - Kuala Lumpur pada Hari Sabtu dan Minggu.

Kemudian tersedia penerbangan umrah rutin yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia setiap Hari Minggu.

Pada penerbangan Garuda Indonesia pada Minggu, 6, Agustus 2023, sekitar 90 peren kursi terisi. Ini tentunya menjadi kabar baik untuk aktivitas bandar udara internasional tersebut.

Pada Juni 2023 yang lalu, Maskapai Super Air Jet sempat berencana masuk ke Bandara Kertajati dan kabarnya sudah mengajukan slot penerbangan.

BACA JUGA:Tanggal Keramat Prediksi Awal Tol Cisumdawu Berbayar, Gratis Nyaris 1 Bulan

Rute yang akan dibuka oleh Maskapai Super Air Jet tersebut adalah Kertajati - Kuala Lumpur. Namun sampai dengan sekarang masih belum dioperasikan.

Saat ini, perjalanan ke Bandara Kertajati memang masih dijadwalkan seminggu 3 kali. Tetapi pada Oktober nanti, tentunya akan setiap hari. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase