Misteri Gunung Sunda, Gunung Raksasa Cikal Bakal dari Sejumlah Gunung Berapi di Jawa Barat

Misteri Gunung Sunda, Gunung Raksasa Cikal Bakal dari Sejumlah Gunung Berapi di Jawa Barat

Gunung Sunda cikal bakal gunung berapi di Jawa Barat. Ilustrasi foto: -Istimewa-

RADARCIREBON.COM - Misteri Gunung Sunda masih menarik untuk ditelusuri. Keberadaan Gunung Purba ini masih dapat dilacak hingga sekarang.

Konon Gunung Sunda merupakan cikal bakal dari beberapa gunung berapi yang ada di Jawa Barat. Khususnya yang ada di wilayah Bandung.

Kenapa Bandung? Sebab Gunung Sunda diyakini berada di wilayah Bandung saat ini. Letusan gunung purba ini lah yang kemudian melahirkan cekungan Bandung.

Cekungan Bandung yang mengering kemudian menjadi daratan yang dikenal sebagai Kota Bandung saat ini.

Jadi, wilayah Bandung sekarang adalah kaldera dari letusan Gunung Sunda. Letusan dahsyat tersebut menimbulkan kawah raksasa yang kemudian menjadi danau Bandung Purba. 

Danau ini kemudian mengering. Sehingga menjadi daratan. Tidak heran, wilayah Bandung saat ini terletak di dalam cekungan.

Adapun Gunung Sunda sendiri diyakini sebagai cikal bakal dari Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Bukit Tunggal, Burangrang dan Gunung Putri.

BACA JUGA:Penyanyi Cantik Ini yang Jadi Pembuka Konser Coldplay di Jakarta, Ternyata Tidak Hanya Persiapan Suara

Gunung Sunda sendiri terjadi setelah peristiwa letusan Gunung Purba sebelumnya yang dikenal dengan nama Gunung Jayagiri.

Gunung Jayagiri meletus sekitar 500.000 hingga 560.000 tahun yang lalu. Setelah ratusan ribu tahun lamanya, misteri keberadaan Gunung Sunda ini masih menarik untuk disimak.

Sementara itu, menurut cerita yang berkembang di masyarakat Jawa Barat, Gunung Sunda ini sebelumnya disebut dengan nama Gunung Chuda. Kata Chuda berasal dari bahasa Sansekerta. Artinya putih.  

Konon gunung raksasa ini puncaknya selalu tertutupi salju sehingga berwarna putih. Maka disebut Gunung Chuda.

Penamaan ini diduga berasal dari pengembara India yang tertarik setelah melihat Gunung Sunda dari kejauhan. Diperkirakan ketika para pengembara ini melintasi Sumatera.

Karena penasaran dengan Gunung Sunda, para pengembara ini kemudian meneruskan perjalanan dan terus mendekat ke gunung purba tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: