Mitigasi Risiko, Pemkab Kuningan Jalin Kerja Sama dengan PT Jamkrindo

Mitigasi Risiko, Pemkab Kuningan Jalin Kerja Sama dengan PT Jamkrindo

KERJA SAMA: PT Jamkrindo menyerahkan dua unit sepeda motor roda tiga kepada Pemkab Kuningan sebagai tanda terjalinnya kerja sama tentang jasa surety bond, Senin (14/8/2023).-ist-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten Kuningan dan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), menjalin kesepakatan bersama tentang jasa surety bond. Kerja sama ini dilaksanakan usai apel pagi di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (14/8/2023). Dalam kesempatan tersebut diserahkan dua unit sepeda motor roda tiga kepada Pemkab Kuningan.

Plh Direktur Utama PT Jamkrindo Achmad Ivan Sutrisna Soeparno mengatakan, agenda Jamkrindo ke Kuningan dalam rangka melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin antara PT Jamkrindo dengan Pemkab Kuningan.

“Kita sudah lama bekerjasama namun secara belum ada payung hukum atau MoU-nya. Kebetulan turut hadir Direktur Kelembagaan dan Layanan Pak Abdul Bari yang mengetahui teknisnya,” ujar Ivan.

“Kita lagi siapkan payung hukumnya sehingga kerja sama ini ke depannya semakin masif lagi,” sambungnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Kelembagaan dan Layanan Abdul Bari, dirinya menyampaikan PT Jamkrindo adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang penjaminan perusahaan kredit. Jamkrindo mengadakan MoU dengan Pemkab Kuningan untuk penjaminan surety bond, untuk pengadaan barang dan jasa di wilayah Kuningan.

BACA JUGA:Kepala BP2MI Benny Rhamdani: Dari 2.200 Jenazah PMI Kembali ke RI, 95 Persen Tidak Resmi

BACA JUGA:Kado Kang Emil untuk Kabupaten Bekasi, Alun-alun Ajarwarna, Nama Diberikan Dadakan

“Sebenarnnya antara Pemkab Kuningan dengan Jamkrindo sudah bekerjasama. Di sini Pak Tito selaku Kabag Barjas sudah mendeliver beberapa penjaminan untuk barang dan jasa ke Jamkrindo, hari ini diwujudkan langsung dengan MoU. Ke depan kita akan melanjutkan kerja sama ini dengan SKPD yang ada di Kuningan,” terangnya.

Keja sama dengan Jamkrindo, kata Abdul Bari, sudah dilakukan sejak lima tahun terakhir. Menurutnya, kerja sama ini intinya ingin lebih mengkongritkan dan lebih baik lagi, sehingga tata kelola menjadi lebih baik lagi.

“Keuntungan dengan adanya kerja sama ini salah satunya mitigasi risiko. Contohnya ketika ada wanprestasi dari vendor-vendor pemkab yang tidak bisa memenuhi kewajibannya, pemkab sebagai pemilik proyek bisa meminta penggantian ke Jamkrindo. Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada pemasalahan,” ujarnya.
Untuk di wilayah tiga Cirebon, kata Abdul Bari, baru Kabupaten Kuningan yang sudah melakukan MoU dengan Jamkrindo. Ini menjadi contoh untuk kabupaten lain di wilayah Ciayumajakuning.

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan H Acep Purnama menekankan pentingnya pengembangan pembangunan yang didukung oleh berbagai unsur. Salah satunya lembaga atau perusahaan asuransi yang memiliki layanan surety bond.

BACA JUGA:ASYIK! Nanti Bisa ke Pantai Pangandaran Pakai Pesawat dari Bandara Kertajati, Wagub Uu: Sedang Dirintis

BACA JUGA:Sambut Baik Rencana OJK, BRI Dukung Peningkatan Kapabilitas Digital Bank

“Di mana PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berupaya bersama-sama, dalam rangka ambil bagian untuk membangun dan mengembangkan potensi dan memberikan peningkatan kinerja bagi pelaku usaha terhadap jaminan atas pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sehingga dapat bertanggungjawab dalam melaksanakan kewajiban serta akuntabilitasnya, dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah,” kata Acep.

Lebih lanjut Acep berharap agar Jamkrindo dapat memberikan pelayanan penjaminan yang terbaik, cepat, dan dapat menjangkau dinas-dinas di lingkungan pemerintah Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: