Suhu Dingin, Es Muncul di Pos Kawah Burung Gunung Ciremai, Begini Kesaksian Pendaki

Suhu Dingin, Es Muncul di Pos Kawah Burung Gunung Ciremai, Begini Kesaksian Pendaki

Fenomena bunga es atau frost di Kawah Burung Gunung Ciremai Jalur Pendakian Sadarehe.-Dokumentasi Foto Andrea Ramadhan-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Suhu dingin yang terjadi di area puncak Gunung Ciremai, memunculkan fenomena frost atau es di beberapa area.

Fenomena frost ini, muncul di sekitar Pos 8 Kawah Burung Pendakian Gunung Ciremai via Sadarehe.

Salah seorang pendaki, Andrea Ramadhan mengungkapkan, dirinya memang merasakan suhu udara yang sangat dingin sejah maghrib.

"Foto diambil jam 5 pagi tanggal 16 Agustus. Lokasi di Pos 8 Kawah Burung Pendakian Ciremai via Sadarehe," kata Andrea kepada radarcirebon.com, Minggu, 20, Agustus 2023.

BACA JUGA:Siap-siap! Minyak Goreng Terancam Langka Dipasaran Lagi, Ini Penyebabnya

Andrea Ramadhan yang juga pilot drone mengungkapkan, es muncul diantarany terlihat pada bagian atas tenda.

Frost yang serupa es serut tersebut merupakan pembekuan dari embun yang kerap muncul pada malam hari.

Hal serupa juga sebelumnya terjadi di area yang sama yakni Kawah Burung via Jalur Pendakian Sadarehe dan dibagikan pendaki lainnya.

Sejumlah tumbuhan diselimuti es karena suhu udara yang terbilang ekstrem pada malam hari hingga subuh di musim kemarau.

BACA JUGA:Kalahkan Iran di Final, Basket Putri Indonesia Juara Divisi B FIBA Asia Women's Cup 2023

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Maman Surahman mengungkapkan, kemunculan bunga es atau frost di Gunung Ciremai baru dilaporkan di kawasan Kawah Burung.

Pihaknya belum menerima laporan dari jalur pendakian lain terkait adanya fenomena tersebut. Tetapi, pada musim kemarau seperti saat ini, suhu udara memang sangat dingin terutama di malam hingga dini hari.

Maman menambahkan, lokasi Kawah Burung di Jalur Pendakian Sadarehe sudah berada di ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Sementara itu, Andrea Ramadhan menambahkan, suhu udara yang dirasakan saat pendakian tersebut memang lebih dingin dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: