Jarang Terjadi, Fenomena Bunga Es di Gunung Ciremai, Suhu Mencapai -3 Derajat Celcius

Jarang Terjadi, Fenomena Bunga Es di Gunung Ciremai, Suhu Mencapai -3 Derajat Celcius

Fenomena bunga es di tenda pendaki yang singgah di Kawah Burung Gunung Ciremai.-Andrea Ramadhan-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Bunga es atau frost di Gunung Ciremai relatif jarang terjadi, namun pada 16, Agustus 2023, sejumlah pendaki melaporkan kejadian tersebut.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Maman Surahman.

Menurut dia, fenomena turunnya frost dilaporkan di Kawah Burung Jalur Sadarehe pada ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut (MDPL).

"Fenomena ini jarang terjadi untuk di kawasan Gunung Ciremai, namun demikian kejadian ini terjadi pada saat musim kemarau," kata Maman, kepada radarcirebon.com, Minggu, 20, Agustus 2023.

BACA JUGA:Pesta Rakyat IM3 Juga Hadir di Cirebon, Ada Banyak Lomba Seru, Rayakan Kemerdekaanmu dengan Freedom Internet

Selain munculnya bunga es pada 16 Agustus, kejadian serupa juga dilaporkan pada 9 Agustus. Pada wakktu itu, suhu udara mencapai -3 derajat celcius.

"Rumput, edelwies dan daun-daun diselimuti frost demikian juga dengan tenda-tenda para pendaki yangg kebetulan saat itu transit camp," kata Maman.

Dijelaskan dir, biasanya kejadian perubahan suhu ekstrem ini terjadi saat dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Karena itu, Maman mengimbau kepada para pendaki agar lebih mempersiapkan diri menghadapi suhu yang ekstrem ini, karena sangat dingin.

BACA JUGA:Di Masjid Al Jabbar, SPS Serahkan Penghargaan untuk Ridwan Kamil, Peduli Terhadap Perusahaan Pers saat Pandemi

Persiapan penting dilakukan untuk menghindari hipotermia, yakni dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Karenanya perlengkapan jaket yg tebal, dilengkapi kaos kaki, kaos tangan dan penutup kepala demikian wajib dibawa.

"Jangan lupa dengan makanan yang mengandung banyak protein, gizi dan minuman untuk memberikan kehangatan," tandasnya.

Sebelumnya, salah seorang pendaki, Andrea Ramadhan mengungkapkan, dirinya memang merasakan suhu udara yang sangat dingin sejah maghrib pada 15, Agustus 2023.

"Foto diambil jam 5 pagi tanggal 16 Agustus. Lokasi di Pos 8 Kawah Burung Pendakian Ciremai via Sadarehe," kata Andrea kepada radarcirebon.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: