Acara Puncak Pekan QRIS Nasional, BI Cirebon Pecahkan Rekor MURI Sajikan 1.708 Mangkuk Docang

Acara Puncak Pekan QRIS Nasional, BI Cirebon Pecahkan Rekor MURI Sajikan 1.708 Mangkuk Docang

KPw BI Cirebo saat menerima penghargaan pemecahan rekor MURI penyajian 1.708 docang di 45 meja dalam kegiatan Pekan QRIS Nasional 2023. -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menggelar kegiatan Pekan QRIS Nasioanl 2023 di Grage City Mall, Minggu (20/8/2023).

Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian acara Pekan QRIS (QR Code Indonesian Standard - dibaca kris) Nasional 2023 di Cirebon.

Diawali dengan zumba bersama dan memecahkan rekor MURI penyajian Docang sebanyak 1.708 mangkuk di 45 meja. 

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan, tahun ini menjadi tahun ke 4 sejak diluncurkannya QRIS pada 17 Agustus 2019 lalu.

Pekan QRIS menjadi peringatan pertama kali QRIS hadir menjadi salah satu platform transaksi pembayaran non tunai.

Rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional 2023 dimulai dengan kegiatan Focus Group Discussion dengan seluruh pemerintah daerah di Ciayumajakuning.

FGD itu dilaksanakan guna percepatan dan perluasan implementasi transaksi pembayaran non tunai khususnya di pemerintah baik transaksi penerimaan maupun pembelian atau pembelanjaa.

BACA JUGA:29 Oktober Bakal Bersejarah, Bandara Kertajati Beroperasi Penuh dengan Dukungan Tol Cisumdawu

BACA JUGA:Melihat Gerbang Tol Cisumdawu Utama Eh Ujungjaya yang Berubah Nama, Baru Ditempel Spanduk, Seolah Ditiadakan

BI juga mendorong transaksi elektonifikasi di pemerintah daerah agar meningkatkan serapan, akuntabilitas, dan tranparansi dalam serapan ataupun penyaluran anggaran.

Sosialisasi perluasan transaski pembayaran non tunai juga terus dilakukan pada masyarakat.

"Transaski pembayaran non tunai menjadi solusi saat pandemi, transasksi ii menjadi penyelamat perekonomian saat pandemi untuk itu kami terus sosialisasikan pada masyarakat," ungkapnya. 

Hingga saat ini transaksi pembayaran dengan QRIS terus meningkat, di tahun ini hingga Agustus 2023 transaksi menggunakan QRIS di Ciayumajakuning mencapai 350ribu transaksi, mencapai lebih dari Rp3,5 miliar.

Hingga akhir tahun ditargetkan bisa mencapai 500ribu transaksi. Adapun jumlah merchand saat ini di Jawa Barat mencapai 3,5juta merchand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: