Serentak se-Indonesia, Polres Cirebon Kota Tanam Ribuan Pohon Mangrove

Serentak se-Indonesia, Polres Cirebon Kota Tanam Ribuan Pohon Mangrove

Waka Polres Cirebon Kota Kompol Ahmat Troy Aprio bersama perwakilan forkopimda Kota Cirebon melakukan penanam ribuan pohon Mangrove di objek wisata bahari Pantai Kejawanan, Rabu (23/8/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik lagi dan lebih hijau, Polres Cirebon Kota melakukan penanaman ribuan batang pohon mangrove.

Penanaman pohon mangrove ini dilakukan secara serentak se-Indonesia.

Berlangsung di area objek wisata bahari Pantai Kejawanan, Jl Yos Sudarso, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu (23/8/2023).

Hadir dalam kegiatan penanaman ribuan batang pohon mangrove tersebut Wakil Kepala (Waka) Polres Cirebon Kota, Kompol Ahmat Troy Aprio.

Hadir pula sejumlah perwakilan forkopimda Kota Cirebon, TNI, Polri serta sejumlah organisasi, juga masyarakat.

"Kegiatan penghijauan hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh polda sampai tingkat polres dan polsek se-Indonesia," katanya.

"Untuk tingkat pusat dilaksanakan langsung oleh Kapolri. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI dan juga mempersiapkan HUT ke-75 Polwan," imbuh Waka Polres Cirebon Kota, Kompol Ahmat Troy Aprio.

Menurut orang nomor dua di Polres Cirebon Kota ini, sebanyak 1.800 batang pohon Mangrove yang ditanam.

BACA JUGA:Begini Loh Bobotoh, Aksi Levy Madinda Sebelum Penalti Marc Klok di Jatidiri Ternyata Ada Tujuannya

"Kita ketahui bersama, Cirebon Kota sebagian besar wilayahnya adalah daerah pesisir atau daerah pantai yang rawan dengan bencana alam yang disebabkan adanya gelombang besar, pasang laut, erosi pantai, sedimentasi pantai, tsunami, angin badai, gempa bumi dan banjir," ungkapnya.

"Hal lainnya yang tidak kalah penting ialah keacuhan sikap masyarakat dalam menjaga ekosistem di daerah pantai. Jadi, hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut air," tambah Kompol Troy.

Terkait pemeliharaan pohon yang telah ditanam, mantan Kasat Lantas Polresta Cirebon ini mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak pengelola objek wisata bahari Pantai Kejawanan.

"Untuk pemeliharaan kita sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola objek wisata bahari Pantai Kejawanan. Nanti Kapolsek Kawasan Pelabuhan Cirebon (KPC) beserta anggotanya secara rutin melakukan monitoring atau mengecek tanaman mangrove yang kita tanam hari ini," pungkasnya.

BACA JUGA:Mengenal Angin Kumbang di Cirebon, Kuningan dan Majalengka, Ada Pengaruh Gunung Ciremai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: