Bandara Kertajati Bukan Milik Bandung, Tapi Bandaranya Jawa Barat, Semua Daerah di Rebana 45 Menit

Bandara Kertajati Bukan Milik Bandung, Tapi Bandaranya Jawa Barat, Semua Daerah di Rebana 45 Menit

Bandara Kertajati merupakan milik Jawa Barat.-BIJB-radarcirebon.com

BACA JUGA:Kabupaten Cirebon Dapat Kuota 70 ribu Bidang Tanah, Bupati: Maksimalkan Program PTSL

"Kertajati dari semua kota kabupaten di rebana hanya 30 sampai 40 menit. Bisa langsung ke timur tengah, ke Eropa," bebernya.

Dengan adanya infrastruktur global tersebut, hasil bumi dengan adanya airport bisa langsung diangkut melalui terminal kargo. Inilah yang akan mengungkit ekonomi masyarakat.

"Wilayah ini akan menjadi comuting, bergerak ekonominya seru. Kalau kita lihat berjalan dari arah Kertajati ke Kadipaten, kafe mulai bagus, ada coworking space, hang out, hotel bintang 4.

Kalau kita ke Cirebon hari ini, tempat hang out nggak kurang-kurangnya. Istilahnya vibrance, oke banget gitu yah," bebernya.

BACA JUGA:YES! Bungkam Thailand, Timnas Indonesia Siap Tantang Veitnam di Final Piala AFF U-23 2023

Bernie menambahkan, Kawasan Rebana bukan sebuah proyek, tetapi aglomerasi perkotaan hidup. Inilah tempat hidup, tempat beraktivitas, bekerja, bermain.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menjelaskan, masyarakat di wilayah utara Jawa Barat akan merasakan keuntungan dari proyek ini. Sebab, tidak ada lagi tempat selain di utara.

Bukti nyata dukungan pemerintah pusat untuk Kawasan Rebana tercermin dalam Perpres 87 Tahun 2021. 

Pemerintah menganggarkan Rp 300 triliun untuk Kawasan Rebana dan Jabar Selatan. Angka Rp 200 triliun tersebut termasuk Tol Indramayu - Kertajati. Kemudian Rp 100 triliun untuk wilayah selatan.

BACA JUGA:Cirebon Undercover: Pengantar Buku Kota Layak Anak DP3APPKB

"Kenapa Jabar investasinya terbaik, karena infrastruktur paling baik. Kedua produktivitas paling baik. Ketiga, tim perizinan paling keren. Keempat, karena gubernur proaktif. Seperti jodoh, rezeki itu harus dijemput," bebernya.

Kawasan ini mencakup 7 kabupaten/kota yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Sumedang, dan Subang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: