Di Balik Perubahan Nama Galuh Jadi Ciamis, Apa Kaitannya dengan Sunda Mataraman?

Di Balik Perubahan Nama Galuh Jadi Ciamis, Apa Kaitannya dengan Sunda Mataraman?

Asal usul Ciamis yang dikaitkan dengan Sunda Mataraman. Suasana di Situ Lengkong, Kabupaten Ciamis.-Wikipedia/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Istilah Sunda Mataraman muncul di tengah perubahan nama Galuh jadi Ciamis seperti yang dikenal sekarang ini.

Kerajaan Galuh yang berpusat di sekitar Kabupaten Ciamis, memang pernah menjadi bagian dari Mataram.

Ketika itu, Kerajaan Mataram memang sedang kuat-kuatnya. Karenanya, pengaruh dari kerajaan tersebut yang kemudian memunculkan istilah Sunda Mataraman.

Kisah mengenal asal usul dari Ciamis yang sekarang menjadi sebuah kabupaten di Priangan Timur memang tidak banyak sumber yang bisa dikutip.

BACA JUGA:Nokia C20, Hp Murah dengan Harga Rp 1 jutaan

Terutama sumber sejarah mengenai Sunda Mataraman yang berkaitan dengan penamaan Ciamis dan menggantikan nama Galuh.

Bahkan banyak yang menyebut jika perubahan Galuh menjadi Ciamis itu erat kaitannya dengan Kerajaan Mataram. Hanya sumber sejarah soal fakta ini memang sangat sedikit.

Namun, sejumlah penggiat sejarah yakin jika perbuahan nama Galuh Menjadi Ciamis itu terkait dengan Kerajaan Mataram.

Ada tayangan menarik di kanal YouTube. Tayangan itu menyebut jika perubahan nama Galuh menjadi Ciamis itu, memang permintaan Mataram. Setidaknya, kerajaan yang berpusat di Jogjakarta itu, mempunyai andil besar.

BACA JUGA:Fwd: 5 Spesifikasi Nokia C21, Dengan Harga 1 Jutaan Bikin Merinding

Seperti dalam tayangan Asal Usul Channel. Tayangan itu berjudul; “Asal-usul Kota Ciamis Jawa Barat”.

Dalam tayangan tersebut jelas disebutkan jika dominasi kerajaan Mataram semakin kuat untuk mengganti nama Galuh jadi Ciamis. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1915-1935.

Padahal sudah banyak yang tahu dan ada sejumlah literasi yang menyebutkan jatuhnya Kerajaan Galuh ke Mataram terjadi sudah lama. Jatuhnya kerajaan di Priangan Timur itu sudah terjadi pada tahun 1595.

Di bawah kekuasaan Mataram, daerah-daerah di Priangan yang semula berstatus kerajaan berubah menjadi kabupaten. Galuh berada di bawah kekuasaan Mataram antara tahun 1595-1705. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: