SIMAK! Daftar Rute Bandara Husein Sastranegara yang Direlokasi ke Bandara Kertajati, Berlaku 29 Oktober 2023

SIMAK! Daftar Rute Bandara Husein Sastranegara yang Direlokasi ke Bandara Kertajati, Berlaku 29 Oktober 2023

Daftar rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara yang direlokasi ke Bandara Kertajati.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Pemerintah telah mengumumkan daftar rute yang dilakukan relokasi dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati pada 29, Oktober 2023 nanti.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen PHU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, relokasi penerbangan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati adalah untuk mengoptimalkan penerbangan di Provinsi Jabar.

Bandara Kertajati tidak beroperasi sendiri, tetapi berkolaborasi dengan Bandara Husein Sastranegara yang melayani penerbangan pesawat propeller atau baling-baling.

Dilansir dari publikasi Ditjen PHU, rute yang direlokasi ke Bandara Kertajati adalah Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang.

BACA JUGA:Tendangan Ernando Ari Mampu Ditepis, Vietnam Berhasil Gondol Piala AFF U-23 2023

Daftar rute penerbangan tersebut sebelumnya dilayani dengan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara dan sesuai arahan Presiden Jokowi, penataan rute tersebut dilakukan berdasarkan jenis pesawat.

Yakni pesawat jet di Bandara Kertajati dan pesawat baling-baling di Bandara Husein Sastranegara dengan batas waktu maksimal 1 tahun.

Adapun maskapai yang telah menyatakan kesiapannya bergabung ke Bandara Kertajati adalah Citilink, AirAsia dan Lion Air Group.

Kemungkinan besar maskapai Super Air Jet yang selama ini terbang dari Bandara Husein Sastranegara, bakal berpindah ke Bandara Kertajati.

BACA JUGA:Viral! WNI Muslimah yang Tinggal di AS, Undang Wapres RI Makan Babi Kecap

"Mulai 29 Oktober 2023 penerbangan domestik dari dan ke Bandung akan dialihkan ke Bandara Kertajati," demikian disampaikan dalam publikasi Ditjen PHU yang dikutip radarcirebon.com.

Melihat rute yang dipublikasikan tersebut, memang berbeda dengan usulan dari PT BIJB (Perseroda) pada Slot Time Conference di Kota Batam.

Adapun rute yang diajulan oleh BIJB Kertajati adalah Denpasar (DPS), Pontianak (PNK), Palembang (PLB), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Batam (BTH), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Makassar (UPG), dan Lombok (LOP).

Ditjen PHU menjelaskan bahwa pengalihan rute ini, dalam rangka untuk optimalisasi penerbangan di Jawa Barat. Di mana Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati akan saling mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: