Mulai Minggu 29 Oktober 2023, Penerbangan Ini Pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati

Mulai Minggu 29 Oktober 2023, Penerbangan Ini Pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati

Seluruh penerbangan dengan pesawat jet pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.-Dokumen -radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Mulai Minggu, 29, Oktober 2023 sejumlah penerbangan akan pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

Keputusan tersebut sudah diumumkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen PHU).

Rencananya sebanyak 6 rute penerbangan dengan pesawat jet yang semula beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Oleh karena itu, pada publikasinya Ditjen PHU menginformasikan kepada masyarakat yang hendak bepergian dari dan ke Bandung menggunakan pesawat udara, bahwa terhitung 29, Oktober 2023 penerbangan sudah dialihkan.

BACA JUGA:Satu Grup dengan Korea Utara, Ini Target Indra Sjafri di Ajang Asian Games 2023.

Adapun penerbangan yang dialihkan ke BIJB Kertajati adalah Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang.

Rute penerbangan yang diumumkan ini, berbeda dengan pengajuan pada Slot Time Conference yang disampaikan manajemen PT BIJB (Perseroda).

Rute yang diajukan oleh manajemen BIJB Kertajati saat slot time conference di Kota Batam mencakup Denpasar (DPS), Pontianak (PNK), Palembang (PLB), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Batam (BTH), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Makassar (UPG), dan Lombok (LOP).

Kemudian penerbangan internasional terjadwal yakni Kertajati - Kuala Lumpur (KUL) yang saat ini sudah dioperasikan Maskapai AirAsia.

BACA JUGA:Timnas U-23 Indonesia Gagal Juara Piala AFF, Begini Komentar Erick Thohir

Penerbangan internasional lainnya adalah Kertajati - Jeddah yang dilayani oleh Maskapai Garuda Indonesia untuk perjalanan umrah sebanyak 1 kali seminggu.

Sementara itu, bila melihat penerbangan pesawat jet yang dioperasikan di Bandara Husein Sastranegara, sebagian besar didominasi oleh Lion Air Group.

Di bandar udara dengan kode BDO tersebut, beroperasi maskapai Super Air Jet dan Wings Air. Kemudian terdapat juga maskapai Citilink dan AirAsia.

Namun dari seluruh rute penerbangan domestik yang dioperasikan, Super Air Jet menjadi yang paling dominan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: