Saat Mimin AirAsia Typo, Tulis Kode Kertajati Jadi Bandara di Kenya, Loh Kok Bisa?

Saat Mimin AirAsia Typo, Tulis Kode Kertajati Jadi Bandara di Kenya, Loh Kok Bisa?

Typo penulisan kode Bandara Kertajati yang seharusnya KJT menjadi KTJ atau Kichwa Tembo Airport Kenya. -Tangkapan layar-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Publikasi Maskapai AirAsia terkait rute penerbangan Bandara Kertajati (KJT) ke Denpasar Bali (DPS) ternyata salah mencantumkan kode bandar udara.

Kode Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang seharusnya ditulis KJT justru menjadi KTJ. Sehingga menjadi KTJ - DPS pada pengumuman jadwal penerbangan di Newsroom AirAsia.

KTJ merupakan kode untuk Kichwa Tembo Airport di Kenya, Afrika Timur. Bandara ini memiliki Kode IATA: KTJ dan berada pada Garis Lintang -1.25139 dan Garis Bujur 35.0111.

"Eh kasih tau mimin AirAsia gak yah kalau ada typo," tulis pengamat penerbangan, Gerry Soejatman pada unggahannya, Rabu, 30, Agustus 2023.

BACA JUGA:PILU! Penampakan Gunung Ciremai Pasca Kebakaran, 102 Hektare Hangus, Salah Satu yang Terparah

Gerry juga mengomentari Maskapai AirAsia yang resmi membuka rute domestik Kertajati - Denpasar. "Yak, Air Asia Indonesia (QZ) Bandung-Denpasar akan berubah jadi Kertajati-Denpasar per 29 Oktober 2023," tulisnya.

Dia pun mempertanyakan apakah penerbangan tersebut akan tetap ramai seperti di Bandara Husein Sastranegara atau justru sepi dan ditutup.

"Bakal tetap ramai, atau sepi terus tutup? Tapi rute KJT-KUL oleh AK tetap beroperasi. Bukannya biasa Air Asia kalo sepi langsung minggat?" tanya dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pada 28, Oktober 2023 Bandara Kertajati sudah berfungsi secara penuh melayani penerbangan.

BACA JUGA:RESMI! AirAsia Pindahkan Penerbangan dari Bandung ke Bandara Kertajati, Terbang ke Bali 7 Kali Seminggu PP

Sebab, penataan rute antara Bandara Kertajati dan Bandara Husein Sastranegara Bandung sudah diberlakukan. Sehingga semua pesawat jet dipindahkan.

"Kertajati tanggal 28 Oktober sudah berfungsi penuh. Jadi semua pesawat-pesawat yang ada di Bandung akan pindah ke Kertajati," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung DPR RI, Jakarta. 

Penataan rute tersebut membagi penerbangan domestik antara Bandara Husein Sastranegara dan BIJB Kertajati berdasarkan jenis pesawat.

Kemenhub masih mengizinkan pesawat baling-baling beroperasi di Bandara Husein sebelum seluruhnya pindah ke Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: