BYE BYE PERTALITE! Ini 3 Produk BBM Baru dari Pertamina, Dicampur Etanol Oktan Melonjak Jadi 92 dan 95

BYE BYE PERTALITE! Ini 3 Produk BBM Baru dari Pertamina, Dicampur Etanol Oktan Melonjak Jadi 92 dan 95

Harga BBM Nonsubsidi per 1 November 2023.-Dokumen-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Masyarakat mesti mengucapkan bye bye Pertalite, bila 3 produk BBM Pertamina disetujui untuk digunakan pada tahun 2024 mendatang.

Menariknya 3 produk bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina tersebut adalah campuran antara gasoline dengan bio etanol.

Sehingga meningkatkan oktan secara signifikan dengan campuran berbeda pada masing-masing produknya mulai 5 hingga 8 persen.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengaku sangat berharap dukungan dari Komisi VII DPR RI dan pemerintah agra produk ini dapat dipasarkan.

BACA JUGA:BYE BYE PERTALITE, Ini 3 Produk Baru Pertamina di Tahun 2024, BBM Dicampur Bio Etanol Oktan Melonjak Jadi 92

Dengan demikian, pada tahun depan tidak ada lagi produk Pertalite dengan oktan 90. Tetapi digantikan dengan Pertamax Green 92. Kemudian ada juga produk Pertamax Green 95.

Kendati demikian belum diketahui berapa harga pasar dari produk tersebut. Namun, Pertamina berharap agar cukai untuk etanol dihapus.

Sebab, etanol yang merupakan bahan alkohol tidak digunakan untuk dibuat minuman. Tetapi sebagai produk energi.

Apalagi, produk BBM Pertamina yang mencampurkan etanol dengan gasoline ini, akan sangat strategis bagi Indonesia ke depan.

BACA JUGA:Rencana Pertamina: Pertalite Dihapus Tahun 2024 Diganti Produk Baru Pertamax Green 92, Berapa Harganya?

“Untuk Indonesia ini sangat strategis, karena bisa menyerap tenaga kerja banyak. Bisa menggunakan energi sesuai dengan domestic resources yang dimiliki yakni BBM,” kata Nicke.

Dalam rapat dengar pendapat di DPR RI, Nicke memaparkan, produk BBM terbaru ini akan bisa berkontribusi dalam pencapaian net zero emission karena bisa mengurangi emisi gas buang dengan cepat.

“Bisa mengurangi emisi dengan cepat, apalagi sekarang masalah polusi sedang hype dan yang ketiga adalah mengurangi impor,” jelasnya.

Berikut 3 Produk BBM Pertamina yang diusulkan mulai dipasarkan di tahun 2024:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: