Sebelum Beroperasi Penuh, 6 Pesawat Luar Negeri Mendarat dan Menginap di Bandara Kertajati untuk KTT ASEAN

Sebelum Beroperasi Penuh, 6 Pesawat Luar Negeri Mendarat dan Menginap di Bandara Kertajati untuk KTT ASEAN

Bandara Kertajati Majalengka akan menjadi tempat parkir pesawat kenegaraan delegasi yang hadir pada KTT ASEAN 2023.-BIJB-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Sebelum beroperasi penuh pada 28, Oktober 2023 nanti, Bandara Kertajati bakal menjadi pendukung pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Rencananya 6 pesawat kenegaraan dari luar negeri akan mendarat dan menginap di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Bandara Kertajati dan Bandara Internasional Soekarno Hatta resmi ditunjuk sebagai tempat kedatangan dan parkir pesawat atau remain over night (RON) saat pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Khusus untuk Bandara Kertajati, rencananya akan menjadi tempat singgah bagi pesawat kenegaraan dari Jepang, Australia, New Zealand, India, dan Kanada.

BACA JUGA:Celaka! 1,3 Juta Guru Pensiun pada 2024 Mendatang, Indonesia Krisis Tenaga Pendidik

Pemilihan Bandara Kertajati tidak lepas dari kemampuan bandar udara internasional tersebut menampung pesawat berjenis wide body.

Bahkan dengan luas area apron yang ada, bisa menampung 22 pesawat sekaligus dalam satu waktu.

Landasan Bandara Kertajati juga mumpuni untuk didarati pesawat berbadan besar, bahkan Antonov AN-124 pernah singgah di bandara ini.

Dengan panjang landasan 3.000 meter, tentu saja memenuhi syarat untuk pendaratan pesawat jumbo sekalipun.

BACA JUGA:Culamega, Wisata Kebun Teh di Selatan Majalengka, Tak Kalah dengan Puncak Bogor

Sebagai informasi, pelaksanaan KTT ASEAN 2023 dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 5 sampai dengan 7 September 2023.

Karena penggunaan untuk pendaratan pesawat kenegaraan, keamanan Bandara Kertajati pun ditingkatkan karena masuk dalam Ring 3 pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto SIK MSi mengatakan, persiapan untuk pengamanan sudah dilakukan.

Polri telah menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Tri Brata Jaya 2023 dalam rangka pengamanan KTT ASEAN ke-43.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: