Pengguna Internet Harus Waspadai Keamanan Digital

Pengguna Internet Harus Waspadai Keamanan Digital

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Dr Ika Mardiah MSi di sesi Podcast Oral pada kegiatan Festival Literasi Digital (Viral) di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu (2/9).-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Justru kejahatan rentan terjadi dari pengguna itu sendiri.

BACA JUGA:Aisy Mufidah Kadarisman, Mahasiswi Indonesia yang Terpilih ke IFSS Jerman: Generasi Muda Wajib Jaga Hutan

Misalnya dari kiriman link antar pengguna, dimana ketika diklik langsung menuju sebuah sistem operasi dan mengambil data pribadi dari pemilik akun tersebut.

"Oleh sebab itu, jika dirasa tidak mengenal orang yang mengirim link, tidak merasa memesan paket dan ada link pelacak paket, sebaiknya link diabaikan tidak perlu dibuka," ungkapnya.

Kunci utama dalam menjaga keamana digital ini selain dari pengguna sendiri adalah pengawasan dari sisi hukum.

Masyarakat bisa melakukan pelaporan online jika ditemukan upaya kejahatan digital ke Kementrian Kominfo.

Hal ini akan diverifikasi dan diinvestogasi lebih lanjut, jika melanggar atutan maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Bisa dilakukan takedown atas konten tersebut hingga penutupan akun dari kementrian tentunya melalui tahapan pemeriksaan yang dilakukan terlebih dahulu nantinya," jelasnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga telah menghadirkan program pengawasan media digital sebagai salah satu langkah menjaga kemanana digital sehingga masyarakat bisa mendapatkan literasi digital yang positif.

BACA JUGA:LAGI! Warga Kompleks GSP Protes Pembangunan Gedung Siber IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jika sebelumnya pengawan dari KPID hanya penyiaran tv dan radio, mmelalui program ini pengawasan media juga dilakukan untu penayangan konten di media online. 

Ika pun turut menghimbau masyarakat untuk melindungi keluarga dengan literasi digital. Masyarakat Harus belajar berbagai hal terutama para orangtua dalam menjaga anak untuk tidak mengakses konten negatif di sosial media.

"Lidungi data pribadi dalam menggunakan internet, gunakan password yang kuat dan rajin mmenggantinya secara berkala," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: