Bersinar di Ajang OSN 2023, Prestasi Dua Siswa SMAK Plus Penabur Cirebon

Bersinar di Ajang OSN 2023, Prestasi Dua Siswa SMAK Plus Penabur Cirebon

BERSINAR: Dua siswa SMAK Plus Penabur Cirebon, Ian Setiabudi dan Darren Linggaharto berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang OSN Nasional 2023 di Kota Bogor, 27 Agustus-2 September lalu.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dua siswa SMAK Kristen Penabur Cirebon berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2023. Gustav Ian Setiabudi dan Michael Darren Imanuel Linggaharto berhasil mempersembahkan dua medali bagi kontingen Provinsi Jawa Barat.

Dalam ajang OSN Nasional yang digelar di Bogor pada 27 Agustus hingga 2 September 2023 itu, Ian yang berkompetisi di bidang Kimia berhasil membawa pulang medali emas. Sementara Darren yang berkompetisi di bidang Matematika, sukses mempersembahkan medali perunggu.

Baik Ian maupun Darren mengaku merasa senang dengan pencapaian tersebut. Apalagi, mereka juga tidak menyangka bisa meraih medali dalam kompetisi tersebut. “Karena ini OSN tingkat nasional, otomatis soal-soalnya juga mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi," kata Darren kepada Radar Cirebon, Kamis (7/9/2023).

Sementara Ian, mengatakan bahwa mendapatkan medali emas ini merupakan pencapaian tertingginya dalam OSN Nasional. Sebelumnya, ia juga pernah mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk bidang informatika, dan meraih medali perunggu.

BACA JUGA:Kampung Halaman Rachmat Irianto di Kuningan Belum Punya Lapangan Bola, Begini Kata Kuwu Pakembangan

BACA JUGA:Menyusuri Rumah Bobotoh Cantik Tempat Rachmat Irianto Pemain Persib Bandung Mampir saat ke Kuningan, Ternyata

“Senang banget dan nggak nyangka. Apalagi aku mulai belajar dari Januari tahun ini, dan targetnya hanya mendapatkan medali, karena untuk top lima saja sudah susah banget. Makanya pas pengumuman untuk peraih medali perak itu sudah pasrah. Eh malah dapat emas," kata Ian.

Ke depan, baik Ian maupun Darren berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Sains Internasional. Namun, mereka harus perlu mempersiapkan dengan matang, lantaran akan ada seleksi lagi untuk menentukan perwakilan Indonesia yang akan berangkat.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAK Plus Penabur Cirebon, Rusmin, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh Ian dan Darren. Ia menyebut bahwa, SMAK Plus Penabur Cirebon selalu mendorong siswa-siswinya untuk berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

“Kami merasa bangga dengan pencapaian yang diraih Ian dan Darren. Apalagi untuk sampai ke tahap itu, mereka lalui dengan tidak mudah, karena harus berkompetisi dari tingkat sekolah, kota, provinsi hingga ke nasional,” ungkapnya.

BACA JUGA:Di Cirebon Cak Imin Bicara Soal PKS dan Demokrat, Begini Kalimatnya

BACA JUGA:Oktober 2023, Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Himbauan Penumpang Wajib Disimak

Untuk diketahui, OSN 2023 diselenggarakan padal 27 Agustus sampai 2 September 2023 lalu. Untuk jenjang SMA/MA, OSN dilaksanakan secara luring di Kota Bogor, Jawa Barat dan untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilaksanakan secara daring.

Adapun bidang lomba yang dikompetisikan pada OSN 2023, untuk jenjang SD/MI terdiri dari dua bidang lomba yaitu Matematika dan IPA, dan untuk jenjang SMP/MTs terdiri dari tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA, dan IPS.
Sementara itu, untuk jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: