Maknai 3 Tahun Implementasi AKHLAK BUMN, BRI Terus Wujudkan Transformasi Culture Untuk Kinerja Berkelanjutan

Maknai 3 Tahun Implementasi AKHLAK BUMN, BRI Terus Wujudkan Transformasi Culture Untuk Kinerja Berkelanjutan

Menteri BUMN RI Erick Thohir-Ist-radarcirebon

JAKARTA, RADARCIREBON.COM  – Tiga tahun sudah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusung nilai-nilai inti AKHLAK sebagai pedoman berperilaku dan bertindak seluruh insan di Perusahaan BUMN. Bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), pada Selasa (4/9) diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) implementasi AKHLAK dengan mengambil tempat di Menara BRILiaN, Jakarta.

Acara yang menghadirkan Menteri BUMN RI Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN RI Rosan Roeslani, Deputi SDM & TI Kementerian BUMN RI Tedi Bharata, jajaran Direksi BUMN, perwakilan insan-insan BUMN, hingga pengurus FHCI tersebut mengusung tema “AKHLAK untuk Indonesia”.

Melalui acara ini, BUMN berkomitmen nyata dalam memperkuat integritas, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mendorong inovasi dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks di dunia bisnis.

“AKHLAK lebih dari sebatas slogan, namun harus tertanam di keseharian secara konsisten, baik dalam pekerjaan maupun dalam cakupan yang lebih luas, dan penerapan nilai AKHLAK diharapkan dapat memfasilitasi transformasi sumber daya manusia di BUMN untuk meningkatkan daya saing BUMN dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas. ” ujar Erick Thohir.

BACA JUGA: Ternyata, 2023 Jadi Tahun Terpanas dalam Sejarah Manusia, Ini Penyebabnya

BACA JUGA: Bersinar di Ajang OSN 2023, Prestasi Dua Siswa SMAK Plus Penabur Cirebon

Hal yang sama dimaknai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI selaku bank dengan komitmen melahirkan insan yang unggul dan membanggakan dalam proses bisnisnya. Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mencontohkan dengan menggencarkan aksi leadership yang baik untuk para pekerjanya.

“Peran Leaders sangat penting & diperlukan untuk menjaga lingkungan kita, menjadi contoh atau role model, sehingga mampu menggerakkan resources/team lebih produktif. Hal ini penting untuk mencapai tujuan perusahaan, untuk mencapai visi dan misi perusahaan”, ucap Agus.

Dalam acara tersebut, turut hadir jajaran Direksi BRI di antaranya, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Human Capital BRI Agus Winardono, Direktur Digital & TI BRI Arga M Nugraha selaku perwakilan BUMN Muda, dan SEVP Change Management & Transformation Office BRI Harsya Wardhana Prasetyo.

Seperti diketahui, sejak diperkenalkan oleh Menteri BUMN RI, Erick Thohir, AKHLAK telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kerja dan perilaku sehari-hari di lingkungan Grup BUMN. Perjalanan implementasi nilai-nilai AKHLAK dimulai dari tahap kesadaran dan pemahaman (Awareness & Understanding), yang melibatkan berbagai kegiatan untuk membangun pemahaman SDM BUMN terhadap perubahan perilaku dan budaya.

BACA JUGA:Kampung Halaman Rachmat Irianto di Kuningan Belum Punya Lapangan Bola, Begini Kata Kuwu Pakembangan

BACA JUGA:Belum Difungsikan Penuh, Bandara Kertajati Sudah Layani 32.000 Penumpang

Setelah itu, dilakukan tahap intervensi dimana BUMN melakukan upaya perubahan perilaku dan budaya AKHLAK secara terencana. Sekarang, perjalanan AKHLAK memasuki tahap penerimaan dimana seluruh SDM BUMN mendukung perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Termasuk di antaranya BRI yang mengimplementasikan core values AKHLAK dengan bentuk  menjaring talenta unggul di Indonesia melalui program BRILiaN Future Leader Program (BFLP) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Program tersebut merupakan salah satu dari beragam inisiatif BRI dalam mengembangkan SDM, alhasil upaya BRI pun telah diakui oleh berbagai pihak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: