Pengacara WO Prewedding Bromo Tuntut Kelalaian Petugas TNBTS, Menduga Ada Kelalaian yang Menyebabkan Kebakaran

Pengacara WO Prewedding Bromo Tuntut Kelalaian Petugas TNBTS, Menduga Ada Kelalaian yang Menyebabkan Kebakaran

Pengacara WO dan rombongan Prewedding yang menyebabkan kebakaran Bukit Teletubbies Gunung Bromo menyampaikan permohonan maaf di Balai Desa Ngadisari, Probolinggo.-Istimewa-radarcirebon.com

PROBOLINGGO, RADARCIREBON.COM - Pengacara dari pihak wedding organizer (WO) dan calon pengantin, Mustaji mengaku akan melaporkan kelalaian dari petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), karena dugaan kelalaian yang berkontribusi pada terjadinya kebakaran hutan.

Penasehat hukum WO dan rombongan prewedding tersebut menyatakan, sesaat setelah kejadian yakni terpicunya api, telah dilakukan upaya pemadaman.

Rombongan juga sempat panik ketika api membesar, dan turut berusaha memadamkan. Namun hanya ada 5 botol besar air mineral di dalam mobil.

"Panik dan akhirnya mengambil 5 botol besar air mineral yang di dalam mobil. Lalu melakukan penyiraman titik api," kata Mustaji, dilansir dari Radar Bromo, Sabtu, 16, September 2023.

BACA JUGA:Bukan Jalan Tol, Kuningan - Cirebon akan Bangun Jalan Lingkar, Akses Jadi Lebih Cepat, Nyambung ke Tugu Ikan?

Sayangnya, upaya pemadaman tersebut gagal. Sebab, rumput di lokasi tersebut sangat kering ditambah dengan angin kencang.

Belum berhenti, Mustaji mengatakan, upaya pemadaman dilakukan rombongan menggunakan ranting kering.

Lagi-lagi, upaya yang dilakukan tidak berhasil, karena kondisi yang tidak memungkinkan. Karenanya, mereka melapor ke petugas TNBTS.

"Mereka sudah berusaha memadamkan api, tapi tidak berhasil karena faktor rumput kering dan angin kencang," katanya.

BACA JUGA:Baru 3 Maskapai di Bandara Kertajati, Kemenhub Minta Ditambah dan Buka Rute Baru Lombok, Kalimantan - Sumatera

Setelah melapor ke TNBTS, kemudian dilakukan upaya pemadaman berikutnya dengan melibatkan warga sekitar.

Tetapi, usaha tersebut tidak berhasil dan kebakaran pun semakin meluas. Di sisi lain, penyebab kebakaran tersebut kliennya tentu tidak bisa sepenuhnya dipersalahkan.

Sebab, mereka sudah berusaha untuk memadamkan api dengan segera. Tetapi karena kondisi alam, kondisi tersebut tidak berhasil.

Ditambah, ada dugaan unsur kelalaian dari petugas TNBTS. Misalnya terkait minimnya informasi dan imbauan kepada pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: