Unik, Serba Kawin di Balong Dalem Kuningan, Ada Kawin Cai dan Batu Kawin, Pantas Jika Dikeramatkan

Unik, Serba Kawin di Balong Dalem Kuningan, Ada Kawin Cai dan Batu Kawin, Pantas Jika Dikeramatkan

Tradisi serba kawin salah satunya Kawin Cai di Balong Dalem Kuningan. -Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Di obyek wisata Balong Dalem Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan ini, memang menyimpan banyak keunikan. 

Di antara keunikan itu, yang pertama ada sepasang batu yang jarang diketahui. Sepasang batu ini disebut dengan Batu Kawin

Yang kedua ada dua sumber mata air yang berfungsi mengairi Situ Balong Dalem yang bisa dijadikan tempat berenang. Juga untuk kebutuhan irigasi dan keperluan sehari-hari masyarakat.

Ketiga, ada petilasan atau situs. Petilasan ini  berkaitan erat dengan keberadaan Buyut Bayu Sultan atau Matangaji yang datang dari Kesultanan Cirebon. Sosok ini dimakamkan di dalam kawasan Balong Dalem.

BACA JUGA:Musim Lalu Persib Kalah 1-4, Ini Prediksi Skor Lawan Persikabo 1973

Yang keempat, di Situ Balong Dalem tersebut dihuni banyak Ikan Dewa. Ada Ikan Emas Dewa dan ikan-ikan lainnya.

Pantas saja jika Balong Dalem tersebut oleh masyarakat setempat dikeramatkan. Selain menjadi obyek wisata yang menarik.

Tentu yang sangat menarik adalah adanya serba-kawin di situs Balong Dalem. Ada Kawin Cai dan ada pula Batu Kawin. Yang terakhir ini banyak orang yang belum mengetahui.

Yang sudah banyak tahu adalah upacara adat Kawin Cai. Upacara ini merupakan tradisi masyarakat Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Resmi Gantikan Husein Sastranegara, Layani 4.680 Penumpang Per Hari

Ritual ini selalu diselenggarakan hari Kamis Wage malam Jumat Kliwon pada bulan Rowah. Biasanya jatuh pada bulan September atau Oktober

Upacara adat Kawin Cai merupakan tradisi masyarakat untuk memohon air atau hujan untuk mengairi lahan pertaniannya serta kebutuhan hidup lainnya. 

Upacara ini dilaksanakan apabila terjadi kemarau panjang atau sangat sulit untuk mendapatkan air.

Upacara Kawin Cai ini selalu digelar oleh warga Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Biasanya mereka menggelar di area Situ Balong Dalem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: