Mau Punya Rumah? KPR Solusinya, Poin Yang perlu Diketahui Tentang KPR

Mau Punya Rumah? KPR Solusinya, Poin Yang perlu Diketahui Tentang KPR

Ilustrasi KPR-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan pinjaman bank kepada individu untuk membiayai pembelian rumah atau properti dan menjadi cara paling umum yang digunakan oleh banyak orang. Poin yang perlu diketahui mengenai KPR :

1.Tujuan KPR:
KPR bertujuan untuk membantu dalam pembelian propeti dengan memberikan pinjaman seharga barang tersebut dan membayarkannya dalam bentuk cicilan bulanan dalam jangka waktu tertentu

2.Jangka Waktu KPR:
KPR memiliki jangka waktu yang bervariasi yang berkisar antara 5 hingga 30 tahun tergantung pada kebijaksanaan dan kesepakatan antara bank dengan peminjam. Jangka waktu yang lebih lama akan menghasilkan cicilan bulanan yang lebih rendah, tetapi total jumlah yang harus dibayarkan dalam bentuk bunga menjadi lebih tinggi.

3.Tingkat Bunga:
Merupakan suatu biaya sebagai imbalan atas peminjaman KPR yang perlu dibayarkan kepada bank yang terbagi atas 2 jenis yaitu Tingkat bunga bisa tetap (fixed rate) tidak berubah selama jangka waktu pinjaman atau sementara tingkat bunga mengambang (floating rate) bisa berubah sesuai dengan perubahan pasar.

BACA JUGA:Dapet Motor Sekarang Bisa Lebih Gampang dengan Kredit Motor di Bank BCA

BACA JUGA:Wisata di Solo Instagramable dengan harga terjangkau !

4.Uang Muka:
KPR memberikan syarat sejumlah uang tunai yang haus diberikan sebagai uang muka pada saat pembeliaan propeti. Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, semakin kecil jumlah pinjaman KPR yang Anda butuhkan.

5.Cicilan Bulanan:
Pembayaran cicilan perbulan kepada bank mencakup pembayaran pokok (pembayaran pinjaman asli) dan bunga (biaya pinjaman).  Selama beberapa tahun awal, sebagian besar cicilan biasanya akan digunakan untuk membayar bunga.

6.Biaya Tambahan:
Selain cicilan bulanan dan bunga, Anda juga perlu memperhatikan biaya tambahan seperti biaya administrasi bank, biaya notaris, asuransi KPR, dan biaya-biaya lain yang terkait dengan proses KPR.

7.Asuransi KPR:
Sebagian besar bank yang menawarkan KPR biasanya mewajibkan para peminjam untuk membeli asuransi jenis ini. Karena asuransi KPR memiliki peranan sebagai pelindung apabilaterjadi hal yang tidak diinginkan di masa depan menyebabkan sang pembeli tidak bisa melunasi semua pembayaran dari pinjaman KPR.

BACA JUGA:Pelatih Persib Bandung Waspadai Pemain Muda Bhayangkara FC

BACA JUGA:MMKSI Perdana Hadirkan Mitsubishi XFORCE Untuk Masyarakat Sumatera di Pekanbaru

8.Resiko KPR:
KPR adalah komitmen finansial jangka panjang, dan jika Anda tidak mampu membayar cicilan bulanan, Anda berisiko kehilangan rumah Anda melalui proses penyitaan.

9.Persyaratan dan Dokumen:
Setiap bank atau lembaga keuangan memiliki persyaratan yang berbeda untuk mengajukan KPR. Anda akan diminta untuk mengajukan dokumen seperti slip gaji, laporan keuangan, dan dokumen properti.

10.Pilihan Pembayaran KPR:
Selain pembayaran cicilan bulanan, beberapa KPR memberikan pilihan pembayaran tambahan seperti pembayaran angsuran, pembayaran bunga saja, atau pembayaran lebih untuk mempercepat pelunasan pinjaman.

Sebelum Anda mengambil KPR, sangat penting hukumnya untuk melakukan simulasi KPR, merencanakan keuangan Anda, serta memahami seluruh persyaratan dan konsekuensi dari pinjaman KPR. Konsultasikan dengan bank atau lembaga keuangan yang sesuai untuk memahami pilihan KPR yang tersedia dan memilih yang paling cocok untuk situasi Anda. Semoga bermanfaat.(Adz-dzikrya Syainie Kholiq/mg)

BACA JUGA:Mantan Terindah Persib Bakal Berlabuh ke Bhayangkara FC?

BACA JUGA:Anaknya Hilang Tahun 1970, Sang Bapak Setia Menunggu, Hanya Berbekal Pesan Orang Pintar, Akhirnya Dipertemukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: