DPRD Kebut Pembahasan RAPBD-P

DPRD Kebut Pembahasan RAPBD-P

SEPAKAT: Pimpinan DPRD menandatangani nota kesepakatan KUPA-PPAS APBD-P 2023.-ANDI AZIS MUHTAROM-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - DPRD Kota Cirebon menggelar rapat paripurna, Rabu (27/9/2023) di gedung Griya Sawala. Dalam rapat paripurna ini, dilakukan rangkaian pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (RAPBD-P) 2023 secara maraton.

Agenda dimulai dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) TA 2023, antara eksekutif dan legislatif.

Selesai disepakati, agenda beranjak ke penyampaian Raperda APBD-P 2023 berikut nota keuangan dari walikota kepada DPRD. Diwakili oleh Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati MAP, setelah mengantongi Surat Perintah Walikota Nomor 172.4/SP.928-Huk.

Setelah itu, dilanjut dengan pembacaan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda RAPBD-P 2024. Langsung dilanjut dengan jawaban walikota atas pandangan umum fraksi-fraksi.

BACA JUGA:Setidaknya Ada 6 Fakta Menyedihkan di Singapura Menurut Orang Indonesia

BACA JUGA:10 Ciri Orang Mengalami Gangguan Mental atau Jiwa, Coba Perhatikan Barangkali Anda Juga

Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana menjelaskan, agenda ini terlaksana sesuai dengan Peraturan DPRD Nomor 1/2021 tentang Tata Tertib DPRD Pasal 18 Ayat (8) KUA dan PPAS yang telah mendapat persetujuan bersama.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Banggar DPRD dan TAPD yang telah bersama-sama membahas dan menyelesaikan Rancangan Perubahan KUA-PPAS dan Rancangan RAPBD-P 2023,” ujar Ruri.

Ruri menjelaskan, disampaikannya RAPBD-P 2023 ini, karena belum seluruhnya kegiatan dapat dibiayai atau diakomodir dalam APBD Murni 2023, sehingga harus masuk dalam APBD-P Tahun Anggaran 2023.
Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos MAP selaku juru bicara Banggar DPRD mengungkapkan, pihaknya akan mengkaji sekaligus membahas rancangan APBD-P itu secara seksama dan komprehensif melalui Banggar DPRD bersama TAPD Kota Cirebon.

“Semoga pembahasan berjalan lancar, sehingga program pembangunan daerah Kota Cirebon bisa lebih optimal,” ujar pria yang akrab disapa Andru ini.

BACA JUGA:Menguat, Peluang King Eze Kembali ke Persib

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Bobotoh Jelang Duel Persib vs Persita di GBLA, Sudah Bisa Lega

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati MAP menjelaskan, pihaknya melakukan penyusunan perubahan APBD TA 2023  berdasarkan Permendagri Nomor 84/2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023 dan Nota Kesepakatan antara Pemda dan DPRD Kota Cirebon tentang Kebijakan Umum Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023.

Selain itu, sambung Eti, rancangan APBD-P Kota Cirebon 2023 ini dalam rangka mendefinitifkan sisa lebih perhitungan APBD Tahun 2022 dan mendefinitifkan perubahan atas Peraturan Walikota Cirebon Nomor 74/2023 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: