Belanda Pernah Rencanakan Jalur Kereta Api Lintasi Lereng Ciremai, Mirip Wacana Tol Menuju ke Kuningan

Belanda Pernah Rencanakan Jalur Kereta Api Lintasi Lereng Ciremai, Mirip Wacana Tol Menuju ke Kuningan

Jalur Kereta Api Kadipaten yang melewati lereng Gunung Ciremai.-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Mudah-mudahan jalan tol menuju Kuningan bukan hanya sekadar wacana. Dulu, Belanda juga pernah merencanakan jalur kereta api Majalengka-Kuningan, tetapi tak pernah terwujud.

Hampir mirip dengan wacana jalan tol menuju Kuningan, jalur kereta api yang diwacanakan pemerintahan Hindia Belanda itu, bakal melintasi lereng Gunung Ciremai

Dalam sepakan belakangan, wacana rencana  Jalan Tol ke Kuningan yang bakal menghubungkan Cipali dan Getaci, sedang ramai di Bocarakan. Tol tersebut akan melingkari lereng Gunung Ciremai.

Jalur kereta yang direncanakan Belanda itu akan menghubungkan Cirebon, Majalengka dan ke Kuningan. Jalur kereta itu direncanakan melalui Stasiun Kadipaten menuju Majalengka, kemudian baru ke Kuningan.

BACA JUGA:Jessica Mila Hamil Anak Pertama, Michelle Joan Bilang Begini: Ada yang Muncul

Jakur kereta api dari Kadipaten yang direncanakan Belanda itu bakal melalui rute selatan. Artinya akan melalui Majalengka Kota, Maja, Talaga dan Cikijing. Baru menuju ke Kuningan.

Seperti diketahui, dulu ada jalur rel kereta api dari Cirebon menuju ke Kadipaten. Namun jalur ini sekarang sudah tidak ada lagi. 

Jika pembangunan jalur kereta api dari Kadipaten-Majalengka-Kuningan terwujud, bisa jadi sekarang akan ada stasiun kereta api di Majalengka Kota. Mungkin juga akan ada stasiun kereta api di Maja, Talaga atau Cikijing. 

Seandainya terwujud pun, nasibnya bakal tidak jauh dengan jalur Cirebon - Kadipaten. Jalur tersebut nasibnya kini tinggal kenangan.

BACA JUGA:5 Drama di Pekan ke-14 Liga 1 2023/2024, Beckham Bersykur dan Kejadian Horor di Tangerang

Adalah Bataviaasch nieuwsblad terbitan 5 Oktober 1912, yang memuat rencana pembangunan jalur kereta api dari Kadipaten ke Kuningan.

Surat kabar tersebut juga mejelaskan jika jalur kereta api itu akan melintasi sebagian Selatan Gunung Ciremai di Kabupaten Majalengka baru menuju Kuningan.

Bataviaasch Nieuwsblad atau Surat Kabar Batavia adalah salah satu media harian terdepan dan terbesar di Hindia Belanda. 

Surat kabar itu pusat di Batavia atau Jakarta sekarang. Media ini dibaca di seluruh nusantara. Kantor beritanya didirikan oleh wartawan dan penulis Belanda PA Daum  tahun 1885 dan terus berdiri sampai 1957.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: