Siaga Nataru 2025-2026, KAI Daop 3 Cirebon Kerahkan 1.800 Personel dan 189 Perjalanan KA
KAI Daop 3 Cirebon siapkan 1.800 personel, 189 perjalanan KA, dan hampir 75 ribu kursi untuk Angkutan Nataru 2025/2026.-Ist-Radarcirebon.com
RADARCIREBON.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menetapkan masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) selama 18 hari, terhitung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Menghadapi lonjakan penumpang, KAI Daop 3 Cirebon mengerahkan 1.800 personel dan menyiapkan ratusan perjalanan kereta api.
Sebagai langkah awal kesiapan operasional dan pengamanan, Apel Gelar Pasukan Angkutan Nataru 2025/2026 digelar di halaman parkir Stasiun Cirebon, Kamis (18/12). Apel tersebut dipimpin langsung oleh Vice President Daop 3 Cirebon, Sigit Winarto.
Sigit menjelaskan, apel ini menjadi penanda kesiapan seluruh unsur yang terlibat dalam pelayanan angkutan Nataru, mulai dari manajemen, petugas pengamanan internal, hingga dukungan eksternal.
BACA JUGA:BRI Konsisten Ciptakan Nilai bagi Negara dan Pemegang Saham, Bagikan Dividen Interim Tahun Buku 2025
“Apel Gelar Pasukan ini bertujuan memastikan seluruh personel siap melaksanakan tugas pengamanan dan pelayanan selama masa Angkutan Nataru 2025/2026,” ujar Sigit.
Ribuan Personel Disiagakan, Keamanan Diperketat
Selama masa Nataru, KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan Posko Terpadu dengan 1.800 personel. Sebanyak 328 personel difokuskan pada Posko Keamanan, terdiri dari 82 Polsuska, 155 petugas Security, 70 personel TNI-Polri, serta 21 pegawai kantor.
Petugas keamanan akan berjaga di stasiun, di atas kereta api, hingga patroli mobile di jalur KA dan objek vital seperti dipo lokomotif dan kereta.
BACA JUGA:Kulit Kusam, Berminyak, dan Mulai Muncul Tanda Penuaan? Saatnya Naik Level dengan AGB B ERL
Pelayanan Penumpang Diperkuat
Untuk meningkatkan pelayanan, 8 petugas Customer Service Mobile (CSM) diturunkan di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan.
Selain itu, 38 relawan Railfans dari IRPS Korwil Cirebon, Edan Sepur, dan KRD3 turut membantu memberikan informasi kepada penumpang.
Tak hanya itu, 54 petugas pengisi air kereta serta 18 petugas buzzer cleaning disiagakan demi menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


