Sebelum Jalan Tol, Kuningan Punya Jalan Baru ke Palutungan, Lebar 7 Meter

Sebelum Jalan Tol, Kuningan Punya Jalan Baru ke Palutungan, Lebar 7 Meter

Pembangunan jalan baru Palutungan Kuningan yang merupakan akses Cipari - Cisantana.-BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Sebelum proyek jalan tol yang dibangun 2030 – 2035 mendatang, Kabupaten KUNINGAN bakal memiliki jalan baru yang sebentar lagi selesai yakni akses ke kawasan Wisata Palutungan.

Keberadaan jalan baru tersebut, akan mempermudah akses masyarakat menuju ke Palutungan yang selama ini hanya mengandalkan jalan raya via Cigugur dan Desa Puncak.

Kedua ruas jalan tersebut tidak memiliki lebar yang memadai, sehingga kerap memicu terjadinya kepadatan kendaraan.

Kepadatan tersebut kerap terjadi di akhir pekan karena volume kendaraan yang sangat tinggi menuju ke kawasan Palutungan.

BACA JUGA:Persib Bandung Merangsek ke 3 Besar Klasemen, Terpaut 4 Poin Saja ke Posisi Puncak

Melansir BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), pembangunan jalan baru tersebut berada di ruas jalan Cipari - Cisantana sepanjang 2,21 kilometer.

Pembangunan ruas Jalan Cipari - Cisantana mendapatkan porsi penanganan jalan daerah sesuai Instruksi Presiden Jokowi Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Yang merupakan daerah kawasan wisata Gunung Ciremai sehingga diharapkan pada akhir tahun 2023 nanti ruas Jalan Cipari - Cisantana dapat terkoneksi dengan jalan nasional.

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan dan mempermudah akses masyarakat.

BACA JUGA:Film Dokumenter Jessica Kumala Wongso Ungkap Isi Buku Harian: Mereka Merasa Curiga

Pembangunan ruas jalan Cipari - Cisantana oleh PPK 3.4 Jawa Barat dimulai pada awal bulan September 2023.

Dengan penanganan konstruksi perkerasan jalan berupa Lapis Pondasi Aggregate Kelas A dan Kelas B serta Hotmix AC-WC dan AC-BC berikut dengan penataan saluran drainase di ruas jalan tersebut.

Seluruh pekerjaan ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2023, sehingga bisa menunjang potensi wisata yang ada sekaligus dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi mengatakan, progres pembangunan jalan baru Cipari-Cisantana terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: