Kebakaran Lahan di Bandara Kertajati, Malaysia Airlines Gagal Mendarat, EGM BIJB: Itu Tidak Benar

Kebakaran Lahan di Bandara Kertajati, Malaysia Airlines Gagal Mendarat, EGM BIJB: Itu Tidak Benar

Kebakaran lahan di area Bandara Kertajati Majalengka mencapai pagar perimeter.-Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Informasi yang beredar di media sosial terkait kebakaran lahan di Bandara Kertajati membuat Maskapai Malaysia Airlines gagal mendarat, dibantah pihak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Executive General Manager PT BIJB (Perseroda), Nuril Huda menyatakan bahwa kebakaran lahan yang terjadi sebatas pada area pagar perimeter.

“Terkait informasi Malaysia Airlines gagal landing tidak benar, karena di Bandara Kertajati hari ini tidak ada penerbangan apapun,” kata Nuril Huda, kepada radarcirebon.com, Senin, 2, Oktober 2023.

Dijelaskan dia, Malaysia Airlines memang punya izin rute untuk penerbangan ke Bandara Kertajati mulai tanggal 2 Oktober, tetapi baru melakukan penerbangan perdana 30 Oktober.

BACA JUGA:Aksi Bullying Juga Terjadi di Balikpapan, Pemukulan Hingga Smackdown Diterima Korban

“Sehingga tidak benar ada pesawat gagal landing. Saat ini, api sudah dapat dikendalikan, mohon doanya agar kebakaran bisa cepat dipadamkan,” tuturnya.

Dijelaskan dia, kebakaran lahan di sekitar Bandara Kertajati tidak lepas dari cuaca kering dan angin yang bertiup cukup kencang. Kecepatan angin mencapai 50-60 knot.

Adapun terkait kronologi kebakaran, titik api diketahui mulai muncul pukul 08.37 WIB di lahan yang berada di depan area Bandara Kertajati.

Jarak dari titik api ke lokasi terminal dan landasan masih cukup jauh. Meski memang api sempat merembet ke pagar perimeter.

BACA JUGA:Terungkap, Banyak Suporter Persita Dipulangkan dari Bandung Sebelum Duel Lawan Persib

Segala upaya telah diupayakan untuk mencegah api merembet. Pemadam Kebakaran Bandara Kertajati dibandu Damkar Kabupaten Majalengka, Indramayu, Cirebon, bersinergi sehingga api dapat dikendalikan sampai pagar perimeter.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Majalengka Iskandar Hadi mengatakan, lahan kosong lagi yang terbakar diperkirakan luasnya 10 hektare.

Kejadian ini menambah daftar kasus kebakaran yang terjadi di area BIJB selama musim kemarau tahun ini.

Dalam peristiwa itu, petugas langsung bahu membahu memadamkan api dan kejadiannya sudah terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: