Sesepuh Pondok Pesantren Gedongan: Belum Ada Dukungan Pada Capres Siapapun Alias Netral

Sesepuh Pondok Pesantren Gedongan: Belum Ada Dukungan Pada Capres Siapapun Alias Netral

sesepuh Ponpes Gedongan, Kiyai Taufikkurahman Yasin.-Istimewa-

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Pondok Pesantren (Ponpes) Gedongan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, masih bersikap netral dalam percaturan politik Indonesia. 

Hal ini ditegaskan oleh salah satu sesepuh Ponpes Gedongan, Kiyai Taufikkurahman Yasin.

"Sejauh ini belum ada dukungan pada para capres siapapun. Kami tetap menjaga marwah Ponpes, dengan fokus mencetak generasi penerus bangsa yang agamis," kata Kiyai Taufik dalam keterangan resminya, Senin 9 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, sebagai ponpes yang berhasil mencetak para santri yang duduk di berbagai bidang pada tingkat nasional, tak lepas dari peran para sesepuh yang turut berkontribusi dalam mendidik anak bangsa. 

BACA JUGA:Akper Buntet Pesantren Mewisuda 56 Mahasiswa Angkatan ke-XXV, 11 Orang Diantaranya Sudah Diterima Kerja

Akan tetapi seakan dimanfaatkan oknum tertentu untuk mendatangkan capres beberapa waktu lalu.

"Sejauh ini tanggapan para alumni ada yang setuju dan tidak. Namun kebanyakan, kurang setuju dengan adanya politik praktis di ponpes ini," jelasnya.

Ketika ditanya, apakah ada komunikasi dengan para sesepuh kedatangan capres beberapa waktu lalu, Kyai Taufik menjawab, tidak ada. 

"Tidak ada komunikasi dan koordinasi dengan sesepuh. Sejauh ini, ponpes belum menentukan dukungan pada capres karena, masing-masing partai belum ada cawapres.”

BACA JUGA:Lawan Persib Berikutnya Pernah Kalah Oleh Persebaya Lalu Menang 4 Pertandingan Beruntun

“Selain itu, yang mendatangkan capres kemarin, ada oknum tertentu yang mengklaim ponpes ini mendukung salah satu capres. Padahal, kami masih netral," tegas mantan Katib Syuriah PBNU ini.

Masih dikatakan Kyai Taufik, capres yang didukung dalam perhelatan akbar pilpres mendatang, tentunya yang ingin memajukan ponpes dan demi kemaslahatan umat juga dari nadhlin. 

"Jangan politisasi ponpes dan jangan dijadikan ponpes tempat politik praktis. Tapi, jadikan ponpes sebagai tempat untuk mendidik para santri yang unggul dalam berbagai bidang, khususnya keagamaan," pintanya.

Dirinya mengharapkan, adanya political will dari berbagai pihak untuk kemajuan ponpes dan mainset yang baik, demi kemaslahatan umat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase