Waduk Darma Bakal Dilintasi Jalan Tol Kuningan? Bupati Kuningan Khawatir

Waduk Darma Bakal Dilintasi Jalan Tol Kuningan? Bupati Kuningan Khawatir

Jalan Tol Kuningan diperkirakan bakal melintasi Waduk Darma. Bupati Kuningan merasa khawatir dengan rencana tersebut.-Asep Brd-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan, disebut bakal melintasi Objek Wisata Waduk Darma yang ada di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Kuningan.

Jika benar, Bupati Kuningan H Acep Purnama merasa khawatir dengan rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan itu.

Menurut Acep, wilayah yang akan dilalui oleh jalan tol itu, merupakan kawasan objek wisata dan juga sumber air yang selama ini menjadi andalan Kabupaten Kuningan.

Selain itu, keberadaan air yang ada di Waduk Darma, menjadi sumber bagi kehidupan petani dan juga nelayan yang ada di lingkungan tersebut.

BACA JUGA:Motif Jessica Meracuni Mirna Pakai Sianida, Ini Pengakuan Sandy Salihin dan Arief Soemarko ke Media Australia

Bahkan, Waduk Darma merupakan sumber bagi beberapa wilayah yang menggantungkan pasokan airnya dari Kabupaten Kuningan.

Kendati demikian, Acep Purnama pembangunan Jalan Tol Kuningan tetap disambut baik oleh orang nomor satu di Kuningan ini.

Karena dalam rencana yang sudah tersusun, jalan tol tersebut bakal tersambung dengan Tol Cipali dan Tol Getaci.

Namun Acep tetap merasa ada kekhawatiran terkait pembangunan infrastruktur Jalan Tol Kuningan itu.

BACA JUGA:Daya Tarik Custom Motor Sport Heritage Jadi Pusat Perhatian Yamaha Yard Built x Kustomfest di Yogyakarta

Sebab, trase yang dipilih berada di wilayah barat yakni lereng Gunung Ciremai yang merupakan kawasan konservasi hingga sumber air.

Oleh karena itu, Bupati Kuningan sangat berharap trase jalan tol dapat disesuaikan dan tidak mengganggu aspek konservasi hingga keberadaan mata air.

"Saya menyarankan kalau kemarin itu (rencananya) membelah Kuningan barat, supaya tidak mengganggu Kuningan wilayah barat untuk fokus konservasi, pelestarian, pariwisata ya kenapa tidak, kan itu lebih mudah," kata Acep berkaitan rencana pembanguann tersebut.

Karena itu, Acep menyarankan, kalau bisa trase Jalan Tol Kuningan menggunakan wilayah timur saja. Sehingga akhirnya bisa tersambung dengan Jalan Lingkar Timur Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: