Ini Alasan Presiden Jokowi Ikut Panen di Indramayu, Terkait El Nino, Simak Kata-katanya

Ini Alasan Presiden Jokowi Ikut Panen di Indramayu, Terkait El Nino, Simak Kata-katanya

Presiden Jokowi menyampaikan alasan mengikuti panen raya di Kabupaten Indramayu. -Kholil Ibrahim-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen raya di Desa Karanglayung, Kecamatan Sukra, Kabupaten INDRAMAYU.

Rupanya ada alasan khusus Presiden Jokowi rela jauh-jauh melihat panen raya. Yakni, ingin memastikan kondisi di lapangan dan melihat langsung produksi beras.

"Kemarin ke Subang dan sekarang ke Indramayu. Ini karena daerahnya irigasi teknisnya bagus," kata Jokowi, saat wawancara di lokasi, Jumat, 13, Oktober 2023.

Menurut Jokowi, berdasarkan informasi dari petani hasil produksi panen sangat baik yakni 1 hektare bisa 8 ton sampai dengan 9 ton.

BACA JUGA:Jalan Tol Kuningan Terabas Area Konservasi dan Sumber Air, Bupati Kuningan Usul Lokasi Baru

Selain hasil panen yang bagus, petani juga senang karena harga gabah sedang tinggi. Kendati demikian, kondisi sekarang mungkin kurang menyenangkan bagi konsumen.

Jokowi menyampaikan, dirinya turun ke bawah untuk memastikan bahwa produksi masih baik. Meski memang sedikit turun karena faktor El Nino. 

"Jangan sampai kita terkondisikan dan resah. Ini produksi masih baik, cuma memang berkurang sedikit karena El Nino. Tapi produksi masih baik," tuturnya.

Ditambahkan Jokowi berdasarkan data di Bulog, cadangan pangan khususnya beras masih sangat cukup yakni 1,7 juta ton. Bahkan masih ada tambahan lagi yang akan datang yakni 500 ribu sampai dengan 600 ribu ton.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tiba di Indramayu, Langsung Turun ke Sawah Lihat Petani Panen

"Tapi kita butuh juga untuk beras ini supaya bisa masuk ke pasar. Supaya harga di pasar tidak terlalu tinggi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: