Inilah 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Terkenal Enak & Murah

Inilah 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Terkenal Enak & Murah

Oleh-oleh Khas Cirebon Sirup Tjampolay-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Setelah menikmati liburan yang mengesankan, kamu bingung untuk mencari oleh-oleh kekinian khas kota Cirebon ini. Namun tidak perlu khawatir lagi, dibawah ini akan dijabarkan apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon yang kekinian, enak, murah, dan tentunya wajib kamu beli untuk dijadikan buah tangan.

Cirebon, salah satu kota di Jawa Barat, mempesona dengan julukan 'Kota Udang.' Keberagaman budaya di Cirebon masih tetap kuat dan mencolok, seiring dengan sejarah campuran budaya yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Mengunjungi Cirebon tanpa mencicipi makanan khas Cirebon yang terkenal lezat adalah suatu kerugian. Salah satu hidangan khas yang dikenal luas adalah Nasi Jamblang, yang disajikan dalam bungkus daun jati, dengan pilihan berbagai lauk seperti prasmanan.

Dan kuliner makanan lainnya yaitu Empal Gentong, dengan kuah kuning yang kaya dan daging sapi yang empuk, hidangan ini juga ditambah nasi atau lontong.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Bisa 'Sedot' Penumpang dari Karawang sampai Tegal

Selain kuliner makanan, Kota Cirebon juga menawarkan keindahan alam yang memikat, tentunya keindahan alam ini sangat cocok dan patut dikunjungi untuk kamu yang memiliki hobi berkemah, menjelajah, atau memancing.

Setelah puas menikmati pemandangan alam, dan jalan-jalan, tentu saja oleh-oleh adalah hal yang tak boleh terlupakan.

Cirebon memiliki beragam pilihan oleh-oleh, baik dalam bentuk makanan maupun kenang-kenangan.

Dengan memperoleh oleh-oleh khas Cirebon sebagai kenang-kenangan untuk keluarga atau teman-teman dirumah, pasti akan memberikan kebahagiaan dan pengalaman baru untuk mereka.

BACA JUGA:Tak Jauh dari Perairan Cirebon, akan Dibangun Pembangkit Tenaga Nuklir, di Pulau Ini Lokasinya

Berikut dibawah ini adalah 5 Oleh-oleh kekinian khas Kota Cirebon, yaitu:

1. Sirup Tjampolay
Tahukah kamu bahwa di Cirebon terdapat minuman legendaris yang memiliki cita rasa manis yang unik?.
Sirup Tjampolay telah ada sejak tahun 1936 dan memiliki karakter manis yang istimewa yang sulit ditemui di tempat lain.Sirup Tjampolay ini minuman yang sangat lezat dan cocok untuk dinikmati di tengah hari dengan cuaca yang panas dan terik.

Mirip dengan sirup limun di Jawa Tengah, minuman ini juga menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Jawa Barat karena mempertahankan resep aslinya selama bertahun-tahun.

Seiring dengan perkembangan inovasi di bidang makanan dan minuman, Sirup Tjampolay kini memiliki beragam varian rasa, termasuk buah-buahan seperti pisang, strawberry, jambu, jeruk, leci, persik dan lainnya.
Karena keunikan rasanya dan ketersediaannya terbatas, kamu perlu menyiapkan anggaran yang cukup besar, sekitar Rp35.000, untuk sebuah botol Sirup Tjampolay.

BACA JUGA:Ingin Memiliki Rumah Minimalis Modern dan Mewah? Ikuti 5 Desain Berikut ini

2. Keripik Tempe Sagu
Bagi para pecinta camilan yang gurih, renyah, dan lezat, tentunya kamu tidak boleh melewatkan kelezatan keripik tempe sagu khas Cirebon.

Yang membedakan camilan ini dari yang lain adalah lapisan sagu yang melapisi tempe, memberikan tekstur yang jauh lebih renyah.

Jika kamu berminat membawa pulang keripik tempe ini sebagai oleh-oleh, kamu hanya perlu menyediakan sekitar Rp25.000 per kemasannya.

keripik tempe sagu kini telah hadir dalam berbagai varian rasa, termasuk keju, pedas, dan sapi panggang.

BACA JUGA:Deretan Maskapai yang Belum Kembali ke Bandara Kertajati, Ada Apa Saja?

3. Tape Ketan
Makanan hasil fermentasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang ini sangat diminati oleh para wisatawan yang mencari oleh-oleh.

Setelah dibiarkan beberapa hari, penganan ini akan mengembangkan rasa asam yang lezat saat dinikmati. Untuk membuat pengalaman makan lebih istimewa, kamu dapat menggunakan emping sebagai alat makan.

Dengan proses pembuatan yang relatif sederhana, makanan ini mudah ditemukan di pasar tradisional Cirebon dan harganya masih terjangkau.

Hal ini memungkinkan kamu untuk membawanya dalam jumlah besar untuk keluarga dan teman-teman terdekat kamu.

BACA JUGA:Kontestan Harus Siap Menang, Siap Kalah

4. Serabi
Serabi khas Cirebon terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, dan santan.

Cara memasaknya masih mengikuti tradisi, yaitu dengan menggunakan tungku tanah liat yang dipanaskan oleh kayu bakar, Adonan serabi kemudian dimasukkan ke wajan kecil berbahan tanah liat, lalu dipanggang hingga matang.

Kue serabi ini memiliki rasa gurih yang sempurna untuk menemani minum teh hangat pada sore hari.

Untuk mengikuti tren kuliner yang menawarkan berbagai variasi rasa, serabi di sini juga menawarkan berbagai topping.

Berbeda dengan serabi Solo yang menggunakan nangka, cokelat, atau keju, serabi Cirebon menggunakan orek tempe (tempe tumis) dan dage oncom (oncom tumis).

BACA JUGA:Kode Zulhas: Bismillah Mas Wali

Rasa manis dan gurihnya serabi ini dijamin lezat dan membuat ketagihan.

5. Kue Gapit
Kalau kamu penyuka kudapan ringan, kue gapit khas Cirebon ini tentu tak boleh dilewatkan.

Masyarakat setempat mengatakan bahwa arti “gapit” adalah jepit. Sebab proses pembuatan penganan ini dengan cara dijepit oleh sebuah alat.

Kue berbahan dasar tepung tapioka dan berbentuk tipis ini kerap dianggap menyerupai kue simping. Tekstur dari kue ini sangat renyah, sehingga cocok dijadikan camilan saat bersantai di rumah.

Jika kamu tertarik, kamu sudah bisa memilih kue gapit dengan beberapa varian rasa seperti balado, bawang, udang, manis, keju, hingga kacang.

BACA JUGA:Mantan Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi Ditunjuk jadi Pj Walikota Cimahi

Umumnya, kue ini dijual seharga Rp25.000 per kilogram. Namun di beda tempat biasanya harganya bisa berbeda.

6. Batik Cirebon
Sebelum Batik menjadi sepopuler sekarang, Cirebon telah memiliki pusat batik yang dikenal dengan nama Trusm

Di Kota Cirebon ini kamu tidak akan mengalami kesulitan menemukan batik berkualitas terbaik. Terdapat banyak motif khas Cirebon yang dapat kamu pilih, salah satunya adalah motif mega mendung.

Tidak hanya itu, terdapat pilihan lain seperti sawat pengantin, kompeni, dan masih banyak lagi. Selain variasi motif, batik Cirebon juga memiliki ciri khas warna yang cerah dan penuh keberanian.

Apakah kamu ingin batik tulis, cetak, atau kombinasi, semuanya dapat disesuaikan dengan anggaran atau preferensi kamu. Selain itu, proses pembuatan juga akan memengaruhi harga batik tersebut.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Rapimnas Partai Golkar Resmi Usung Gibran Cawapres Prabowo Subianto

Sekian informasi mengenai beberapa oleh-oleh khas Cirebon yang kekinian dan tentunya layak untuk kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalanan liburan kamu di Kota Cirebon.

Dengan membawa pulang oleh-oleh khas Cirebon ini, Kamu dapat berbagi pengalaman bersama teman dan keluarga dengan membawa oleh-oleh tersebut.

Semua oleh-oleh khas Kota Cirebon ini memiliki cita rasa dan karakteristik unik yang memperkaya pengalaman wisata liburan kamu di Kota Cirebon. Jadi, pastikan kamu membelinya ditempat yang terpercaya dan selamat menikmati liburan.(Rayhan Syafaturrafi Agil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: