Apakah AC Berbahaya untuk Anak? Berikut Ini Penjelasan Rinci Termasuk Ketika Anak sedang Demam

Apakah AC Berbahaya untuk Anak? Berikut Ini Penjelasan Rinci Termasuk Ketika Anak sedang Demam

Ilustrasi foto saat anak sedang sakit demam. -Pixabay-

Suhu AC harus diseting, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang terjdi. Jangan lakukan penyetelan suhu AC terlalu dingin. Terutama ketika anak sedang demam.

2. Atur arah angin

Arah angin AC harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengarah langsung ke tubuh anak. Embusan angin juga tidak boleh terlalu kencang. Sebab akan mengganggu kondisi tubuh anak.

3. Rutin Membersihkan AC 

Seperti sudah dibahas di atas, AC adalah sarang bagi debu, tungau dan bakteri. Sehingga harus rutin dibersihkan.

AC yang tidak pernah dibersihkan jelas akan memengaruhi kesehatan anak. Sebab, udara yang dihasilkan AC tidak bersih sehingga tidur pakai AC yang kotor bisa menyebabkan anak sakit.

4. Mode pengaturan waktu atau timer

Pengaturan waktu juga hal penting untuk dilakukan ketika anak demam tidur di ruangan ber-AC. Timer perlu diseting agar anak yang sedang tidur tidak terlalu lama terpapar angin dari AC.

Jadi, untuk pertanyaan apakah AC berbahaya untuk anak? Jawaban tegasnya adalah tidak berbahaya. Bahkan anak yang sedang demam boleh tidur pakai AC.

Namun demikian, syarat-syarat kebersihan AC juga perlu diperhatikan. Sebab AC yang kotor dapat menyebabkan anak sakit. Khususnya sakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: