6 Jenis Pekerjaan TKI di Brunei Darussalam, Gaji Tinggi dan Menggiurkan

6 Jenis Pekerjaan TKI di Brunei Darussalam, Gaji Tinggi dan Menggiurkan

Jenis pekerjaan TKI di Brunei Darussalam yang memiliki gaji tinggi.-Royal Maker/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jenis pekerjaan TKI di Brunei Darussalam yang tersedia dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk merintis karir di luar negeri dan mendapatkan penghasilan bagus.

Jenis pekerjaan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) di Brunei Darussalam tersedia mulai dari sektor formal maupun informal.

Menariknya, Brunei Darussalam merupakan negara monarki absolut yang dipimpin Sultan Hasanal Bolkiah memberikan upah atau gaji tinggi untuk pekerja baik di sektor informal maupun formal.

Sehingga kini beragam jenis pekerjaan di negara petro dolar tersebut menjadi impian bagi masyarakat di Indonesia yang ingin meniti karir di luar negeri.

BACA JUGA:PANTAS BETAH! Segini Gaji TKW di Brunei Darussalam sebagai Pelayanan Restoran? Yuk Simak Pengakuannya

Sebagai gambaran penghasilan di Brunei Darussalam, untuk pekerjaan seperti pelayan restoran saja bisa mendapatkan gaji per bulan minimal 400 Dollar Brunei atau sekitar Rp 4 juta.

Itu baru penghasilan awal yang berpotensi terus mengalami kenaikan setiap tahunnya atau pada periode tertentu. Namun pada beberapa restoran ada yang menerapkan upah lebih tinggi yakni hingga 500 Dollar Brunei atau sekitar 5 juta.

Sedangkan untuk pekerjaan seperti kasir di supermarket, diberikan gaji sekitar 500-600 Dollar Brunei atau sekitar Rp 5-6 juta per bulan.

Gaji tersebut bisa dibilang nyaris utuh, karena kebutuhan karyawan ditanggung oleh perusahaan. Misalnya untuk tempat tinggal, makan sehari minimal 2 kali hingga transportasi dari tempat tinggal ke tempat kerja.

BACA JUGA:Berapa Gaji TKI di Brunei Darussalam, Begini Pengakuan Kasir Supermarket dari Indonesia

Brunei Darussalam hingga kini menjadi negara kaya raya karena luasnya hanya 5.765 kilometer persegi dan jumlah penduduknya hanya 445.373.

Namun mereka diberkahi dengan kekayaan alam dari sektor minyak bumi dan gas. Cadangan Liquefied Natural Gas (LNG) terbesar ke 9 di dunia.

Brunei juga produsen minyak terbesar keempat di Asia Tenggara, hal tersebut berdasarkan data ASEAN Climate Change and Energy Project.

Pada tahun 2021, Brunei Darussalam menjadi negara terkaya di dunia di peringkat 10 dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita mencapai USD 27,466,34.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: