Buka Muscab IPSI Kabupaten Cirebon, Bupati Imron Flash Back Masa Kecil

Buka Muscab IPSI Kabupaten Cirebon, Bupati Imron Flash Back Masa Kecil

IPSI Kabupaten Cirebon menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) sekaligus melatik pengurus periode 2023-2027.-Diskominfo Kabupaten Cirebon-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Cirebon, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) dan langsung menggelar pelantikan pengurus periode tahun 2023-2027.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg yang hadir dalam kegiatan tersebut, bercerita tentang pengalamannya berlatih pencak silat.

Menurut Bupati Imron, pencak silat bukan merupakan olahraga yang asing bagi dirinya. Karena sejak kecil, mantan Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon ini, sudah berlatih pencak silat.

"Saya dari kecil sudah kenal pencak silat, karena bapak saya pelatih pencak silat. Saya juga ikut berlatih," kata Imron, Jumat 27 Oktober 2023.

BACA JUGA:GBS Akan Terjadi pada Minggu 29 Oktober 2023, Berikut Rincian Wilayah yang Bisa Melihat Fenomena Ini

Bukan hanya itu, Imron juga mengisahkan perjalanan pengalamannya terkait pencak silat, saat dirinya melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren.

Kata Imron, ia berlatih lebih intensif tentang silat, saat ia mengenyam pendidikan disalah satu pesantren di Tegal Gubug, sekitar tahun 1980.

"Tegalgubug itu seperti Desa Shaolin, karena banyak yang ahli silat," kata Imron.

Imron juga mengatakan, bahwa pada tahun 1960-1970, kediaman keluarganya tidak pernah dikunci. Selain orangtuanya memang jarang tidur malam, juga karena faktor terkenal sebagai jawara.

BACA JUGA:Ikut Turnamen Sepakbola Piala Danjen Kopassus, SSB Mandiri Cirebon Buka Seleksi Pemain U-12

"Jadi nggak ada yang berani mencuri," kata Imron.

Namun Imron mengaku miris, karena saat ini pencak silat mengalami penurunan. Hal itu dilihat dari banyaknya lokasi yang dulu menjadi pusat silat, sudah tidak beroperasi lagi.

Begitu juga di daerah Tegal Gubug yang sebelumnya sangat terkenal dengan daerah jawara dan ahli silat, sudah cukup kesulitan menemukan latihan silat.

"Saya ke Tegal Gubug, ternyata juga pencak silatnya sudah mulai tidak ada," kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase