Kesalahan yang Memicu Kecelakaan, Pahami Penggunaan Kopling Saat Melewati Tanjakan

Kesalahan yang Memicu Kecelakaan, Pahami Penggunaan Kopling Saat Melewati Tanjakan

Penggunaan Kopling yang benar saat melewati tanjakan. -DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kesalahan-kesalahan pengendara di jalan raya dapat memicu ketidaknyamanan. Hal ini juga dapat mengurangi usia part motor yang digunakan.

Salah satu kesalahan berkendara yang biasanya dialami pengendara motor adalah penggunaan kopling saat melewati tanjakan. 

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menuturkan jalan yang menanjak merupakan salah satu kontur jalan yang memerlukan teknik berbeda jika dibandingkan dengan jalan yang datar.

Khususnya ketika perjalanan jauh atau touring di jalan antar kota atau antar provinsi yang melewati area pegunungan dengan kontur jalan yang berbeda-beda ketinggiannya.

BACA JUGA:Piala Dunia U-17 2023 Merupakan Edisi Terakhir, Indonesia jadi Spesial

BACA JUGA:Rp1,5 Miliar, McDonald's Indonesia Sumbang Palestina Lewat Baznas

"Saat menggunakan motor tipe sport atau bebek berkopling, tentunya harus dilakukan usaha yang lebih salah satunya adalah menggunakan kopling agar motor tetap melaju dengan baik tanpa membuat kampas kopling cepat habis dan tetap nyaman saat menggunakan motor," tuturnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar penggunaan kopling tepat ketika melewati tanjakan.

Saat sedang melalui jalan tanjakan, pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi atau transmisi yang masuk.

Pengendara bisa menggunakan gigi rendah untuk memperkuat torsi atau tenaga motor untuk melewati tanjakan tersebut.

BACA JUGA:Hasil Persib vs Arema FC Babak Pertama Skor 2-1, Umpan Cantik DDS Diselesaikan Ciro

BACA JUGA:Wisata Cirebon Setelah Bandara Kertajati Beroperasi, Duh Ternyata Masih Perlu Dukungan

Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan saat menanjak karena hal tersebut akan membuat usia kampas kopling cepat habis dan membuat tangan menjadi lebih pegal karena harus terus bersiap di tuas kopling.

"Dalam keadaan menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi, penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling akan membuat part pada bagian kopling cepat habis atau aus," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: