Tiga Pemain Keturunan Indonesia Dalam Proses Naturalisasi

Tiga Pemain Keturunan Indonesia Dalam Proses Naturalisasi

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat jumpa pers.-pssi.org-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Proses naturalisasi tiga pemain muda keturunan Indonesia sedang berlanjut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebutkan ketiga pemain tersebut adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Justin Hubner.

Pemain yang memperkuat Venezia FC (divisi dua Italia) Jay Idzes dan pemain yang memperkuat Swansea City (divisi dua Inggris) Nathan adalah dua nama baru yang akan dinaturalisasi. 

BACA JUGA:Peringati Harlah ke-30, GMPI Kabubaten Cirebon Siap Menangkan PPP di Pemilu 2024

Sementara, punggawa tim muda Wolverhampton Wanderers Justin Hubner menjadi nama yang sudah lama diperbincangkan.

Dari ketiga nama itu, Justin Hubner sepertinya menjadi nama yang paling cepat menyelesaikan proses naturalisasi mengingat pesepak bola kelahiran Den Bosch, Belanda itu telah menjalani serangkaian tahap naturalisasi berbarengan dengan dua pilar andalan pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Hal ini membuat Justin tinggal menyelesaikan tahap akhir proses naturalisasi dengan menunggu keputusan Presiden Joko Widodo untuk mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

BACA JUGA:Waspada Bencana Banjir dan Longsor, Pj Gubernur Jabar Minta Kabupaten dan Kota Lakukan Pencegahan

"Kita coba dorong (Jay, Nathan, dan Justin dinaturalisasi). Apalagi kita selalu bilang namanya timnas itu kita harus punya 2x11 tim yang punya standar sama," jelas Erick.

"Kita tahu Ivar sama Marselino sedang cedera. Kemarin waktu lawan Brunei (di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama), Jordi Amat juga cedera. Jadi kalau dibilang kita pemain cukup, masih kurang," lanjutnya.

Untuk membuat Indonesia mendunia, Erick lalu memaparkan bahwa pihaknya kembali mengincar pemain keturunan Indonesia yang nantinya dapat membuat Garuda mendunia. Incaran itu, kata pria 53 tahun itu, kali ini berposisi sebagai striker.

BACA JUGA:Gelar Kejuaraan Tarkam di Kabupaten Cirebon, Menpora: Dari Ratusan Atlet, 20 Persennya Pasti Punya Potensi

"Makanya kita akan terus adakan pendekatan, kita sedang mencari pemain tambahan di posisi penyerang, mudah-mudahan nanti dalam dua pekan ada kabar bagus," jelasnya.

Erick meminta masyarakat Indonesia bersabar menyaksikan penampilan tiga calon pemain yang akan dinaturalisasi tersebut karena proses menjadi WNI memakan waktu yang sangat lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase