KH Abdul Chalim Leuwimunding, Pahlawan Nasional dari Majalengka, Sosok Kiai Muda yang Memfasilitasi Pendiri NU

KH Abdul Chalim Leuwimunding, Pahlawan Nasional dari Majalengka, Sosok Kiai Muda yang Memfasilitasi Pendiri NU

KH Abdul Chalim Leuwimunding, sosok Pahlawan Nasional dari Majalengka. Foto:-jabarprov.go.id-

“Meski terlambat, tapi alhamdulilah akhirnya KH Abdul Chalim diberikan gelar pahlawan tahun ini. Beliau itu ulama yang cerdas, alim, dan kiai muda ketika memfasilitasi para kiai kharismatik para pendiri NU. Tak lupa juga, beliau (KH Abdul Chalim) merupakan salah satu pejuang kemerdekaan Republik Indonesia ini," katanya.

Menurut Dedi, terpilihnya KH Abdul Chalim menjadi Pahlawan Nasional selain telah berjasa kepada bangsa dan negara, ini semua berkat perjuangan dan dukungan semua pihak. 

Di antaranya Presiden Jokowi, kementerian terkait, pemprov, dan pemkab melalui tim Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) dan TP2GP tingkat nasional. Termasuk andil dari keluarga besar NU, serta semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“Namun yang paling andil atas usulan ini, peran sentralnya berkat sosok dan perjuangan dari putra KH Abdul Chalim sendiri, yakni Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim MA. Beliau merupakan ulama, tokoh nasional sekaligus pendiri sekaligus Pengasuh Lembaga Pendidikan Islam Unggulan dan Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Pacet, Mojokerto, Provinsi Jawa Timur," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: