Briptu Renita Rismayanti, Sosok Polisi Wanita Indonesia yang Diganjar Penghargaan oleh PBB

Briptu Renita Rismayanti, Sosok Polisi Wanita Indonesia yang Diganjar Penghargaan oleh PBB

Briptu Renita Rismayanti, anggota Polri yang dapat Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) 2023.-Hasil tangkapan layar-Antara

RADARCIREBON.COM - Seorang prajurit polisi wanita Indonesia terpilih sebagai penerima penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) 2023.

Polisi wanita yang dapat penghargaan tersebut adalah Brigadir Polisi Satu (Briptu) Renita Rismayanti 

Berdasarkan keterangan Pusat Informasi PBB Jakarta yang dilansir dari Antara, Selasa 14 November 2023, bahwa penghargaan tersebut akan diberikan pada 16 November 2023.

BACA JUGA:Petang Nanti Capres dan Cawapres Lakukan Pengundian Nomor Urut

Pemberian penghargaan itu sekagus sebagai acara tahunan Pekan Polisi PBB yang diselenggarakan pada 13-17 November di Markas Besar PBB, New York.

“Inovasi dan upaya Sersan Satu Polisi Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB dan kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan,” kata Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian Jean-Pierre Lacroix.

Rismayanti bertugas sebagai Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Ia membantu menyusun konsep dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisa titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan.

BACA JUGA:Kalahkan Maroko, Ekuador Punya Peluang Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Selain itu, basis data kriminal tersebut juga akan membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung penduduk setempat.

“Ia menjadi contoh yang baik tentang bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian meningkatkan efektivitas pekerjaan perlindungan dan pembangunan perdamaian kami untuk menghadapi tantangan hari ini dan masa depan dengan lebih baik,” ujar Lacroix.

Briptu Rismayanti memulai karir di Kepolisian Republik Indonesia sebagai petugas informasi publik di tahun 2014 dan pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi dan logistik.

“Setelah mencapai banyak hal dengan merangkul teknologi di bidang yang secara tradisional di dominasi oleh laki-laki, Sersan Satu Polisi Rismayanti mewakili masa depan kepolisian Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Penasihat Kepolisian PBB Faisal Shahkar.

BACA JUGA:Wabup Cirebon Sebut Bonus Demografi Peluang Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase