Musim Hujan, BPBD Identifikasi TPS Rawan Banjir

Musim Hujan, BPBD Identifikasi TPS Rawan Banjir

Kepala BPBD Andi Wibowo -Abdullah -radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pelaksanaan pemilu digelar 14 Februari 2024. Diperkirakan pada pelaksanaan pemilu masuk musim hujan, dan di Kota Cirebon diprediksi lokasi tempat pemungutan suara (TPS) termasuk ada di wilayah titik rawan banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon, Andi Wibowo mengakui pada perhelatan pemilu 14 Februari 2024 berada pada musim hujan.

Dan pada pelaksanaan pemilu, tentu saja TPS-TPS di wilayah rawan banjir perlu diidentifikasi. Daerah rawan banjir dan rob di Kota Cirebon diantaranya kelurahan pekiringan, Pegambiran, Lemahwungkuk, Kasepuhan dan Kalijaga.

Maka dari itu, BPBD sempat bertemu Komisi Pemilihan Umum (KPU) membahas TPS-TPS yang berdiri di wilayah rawan bencana banjir. “Mulai sekarang kami petakan titik wilayah banjir,” kata Andi.

BACA JUGA: Lagi! Ibu-ibu di Cirebon Mengaku Tertipu Investasi Bodong Modus Titip Dana, Total Kerugian sampai Rp 700 Juta

BACA JUGA: 12 Pemuda Diamankan Polsek Seltim, Diduga Hendak Tawuran, Sempat Kebut-kebutan di Penggung

Mendirikan TPS, menurut Andi, lebih aman di Baperkam, hanya saja di satu RW bisa lebih dari satu TPS, ketika baperkam gedungnya terbatas maka bisa jadi hanya mampu untuk 1 TPS.

Maka dari itu mulai dari sekarang perlu diantisipasi dan akan ditempatkan dimana. Bagi BPBD, ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya hujan dan banjir, sedangkan logistik pemilu di TPS semuanya berbahan kertas, mulai dari surat suara, formulir, kotak suara dari kardus dan bilik suara dari kardus.

Itu semua rawan ketika terkena air hujan. “Mudah mudahan sih pada pelaksanaan pemilu tidak hujan, tapi kami coba antisipasi ketika terjadi hujan,” tutupnya. (abd)

BACA JUGA: FIFA Keluarkan Pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 Indonesia 2023

BACA JUGA: Biadab! Israel Serang Sekolah Milik PBB, Puluhan Warga Sipil Tewas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: