7 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka yang Mudah Ditemui di Dekat Rumah, Anda Mungkin Baru Tahu

7 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka yang Mudah Ditemui di Dekat Rumah, Anda Mungkin Baru Tahu

Bawang putih salah satu bahan alami yang ampuh untuk menyebuhkan luka. Foto:-Viktoria Slowikowska-pexels.com

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak daftar 7 bahan alami untuk menyembuhkan luka berikut ini seperti dilansir dari laman Curejoy.com.

1. Lidah Buaya 

Lidah buaya dinilai dapat memperlama penyembuhan luka. Namun demikian, hasil penelitian juga menyatakan bahwa lidah buaya memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi dan analgesik. 

BACA JUGA:Barang Bukti 87.674 Butir Tablet, Penjual Obat Ilegal di Indramayu Ditangkap Polisi

BACA JUGA:12 Pemuda Diamankan Polsek Seltim, Diduga Hendak Tawuran, Sempat Kebut-kebutan di Penggung

Di samping itu, efek dari lidah buaya ternyata dapat menenangkan kulit. Kemudian dapat mengurangi pembengkakan serta menghilangkan rasa sakit di sekitar luka. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Gel yang terdapat pada lidah buaya dapat dioleskan secara langsung pada bagian yang luka.

2. Bawang Putih 

Bawang putih mengandung allicin. Nah, allicin ini adalah zat antimikroba yang terkandung di dalam bawang putih. Oleh karena itu, salah satu bumbu masakan favorit orang Indonesia ini sangat efektif menyembuhkan luka.

Bawang putih efektif untuk menyembuhkan sekaligus menjaga agar luka tidak mengalami infeksi. Di samping itu Bawang putih juga memiliki sifat anti jamur dan efektif melawan virus. 

Cara menggunakannya juga mudah dan anti ribet. Cukup dengan menghaluskan 3 siung bawang putih dan 1 cangkir anggur. Biarkan selama beberapa jam. 

Setelah Anda menyaring campurannya, oleskan pada luka yang bersih satu atau dua kali sehari. Jangan didiamkan terlalu lama karena bisa mengiritasi kulit.

3. Kentang Parut 

Bahan alami untuk menyembuhkan luka yang ketiga adalah kentang parut. Siapa sangka kentang efektif untuk menyembuhkan luka.

Itu karena di dalam kentang terdapat kandungan astringen dan antibakteri. Makanya efektif untuk menyembuhkan luka gores di kulit kita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: