Pemprov Jabar Siapkan Layanan Transportasi Antarmoda Gratis Menuju BIJB Kertajati

Pemprov Jabar Siapkan Layanan Transportasi Antarmoda Gratis Menuju BIJB Kertajati

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, tampak meninjau langsung kesiapan armada yang bakal melayani rute perjalanan dari dan ke bandara yang berada di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.-Baehaqi-Radar Majalengka

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Guna meningkatkan jumlah penumpang yang ingin terbang melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan menyediakan transportasi antarmoda secara gratis.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat berkunjung ke BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat 1 Desember 2023.

"Angkutan antarmoda ini digratiskan hingga 30 Desember 2023," ujar Bey Machmudin saat ditemui di BIJB Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (1/12).

Pihaknya menegaskan, bahwa kebijakan menggratiskan ongkos transportasi antarmoda menuju BIJB Kertajati diberlakukan mulai hari ini, Jumat 1 Desember 2023.

BACA JUGA:Ditarik Lagi ke Persib Henhen Herdiana Mengaku Kaget, Langsung Hadapi Tantangan Berat

“Rute transportasi antarmoda gratis melayani rute dari Bandung, Subang, Purwakarta, Cirebon, dan lainnya menuju BIJB Kertajati,” tegas Bey.

Bahkan, tidak hanya Bus Damri yang digratiskan sebagai angkutan antarmoda ke BIJB Kertajati, tetapi shuttle bus dari pihak swasta juga turut digandeng untuk melayani masyarakat.

“Pemprov Jabar, menyiapkan 16 ribu tiket angkutan antarmoda gratis di BIJB Kertajati,” ucapnya.

Ia mengatakan, titik pemberangkatan angkutan antarmoda gratis menuju BIJB Kertajati itu tersebar dari mulai di Bandung, Cirebon, Subang, Purwakarta, hingga daerah lainnya.

BACA JUGA:4 Kolam Renang di Bandung Menyatu dengan Alam, Cek Lokasi dan Harga Tiket Masuknya

Adapun teknis untuk menggunakan fasilitas gratis tersebut para penumpang cukup menunjukkan tiket pesawat dari BIJB Kertajati kepada petugas dari setiap shuttle bus maupun Damri.

"Nantinya, petugas shuttle bus akan langsung mengarahkan untuk menaiki angkutan antarmoda yang tersedia sesuai jam keberangkatannya, dan gratis," kata Bey Machmudin.

Pihaknya mengakui, digratiskannya angkutan antarmoda dari dan ke BIJB Kertajati tidak hanya diberlakukan bagi penumpang, namun untuk seluruh elemen masyarakat.

Pasalnya, angkutan antarmoda itu menjadi salah satu cara Pemprov Jabar untuk mempromosikan BIJB Kertajati yang telah beroperasi secara penuh sejak 29 Oktober 2023.

BACA JUGA:Panwascam Kejaksan Berikan Kesadaran Demokrasi

"Ternyata masyarakat juga tertarik untuk berkunjung ke BIJB Kertajati, sehingga layanan ini merupakan salah satu cara kami mempromosikannya secara lebih luas," ujar Bey Machmudin.

Sementara Kabid Pengembangan Transportasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dhani Gumelar, menyampaikan, anggaran Rp 1,2 miliar telah disiapkan untuk program 16 ribu tiket gratis tersebut.

Bahkan, pihaknya memastikan jika alokasi 16 ribu tiket gratis itu habis maka bakal ditambah kembali untuk semakin meningkatkan minat masyarakat terbang dari BIJB Kertajati.

Namun, penambahan alokasi tiket angkutan antarmoda gratis itu baru dilaksanakan paling cepat pada tahun depan, karena anggarannya bersumber dari APBD Perubahan 2023.

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru, Goa Sunyaragi Kota Cirebon Lakukan Ini

"Tahun depan, alokasi tiketnya lebih banyak, karena untuk mengejar momen angkutan Nataru, sehingga diharapkan bisa meningkatkan trafik penumpang di BIJB Kertajati," kata Dhani Gumelar.

Dijelaskan, dari 16 ribu tiket yang disiapkan paling banyak dialokasikan untuk Damri yang mencapai 4200 tiket.

Bahkan, menurut dia, Bus Damri juga menyiapkan sejumlah titik pemberangkatan angkutan antarmoda gratis dari Bandung menuju BIJB Kertajati.

"Untuk Bus Damri dari Bandung, titik emberangkatannya tidak hanya di Pool Kebonkawung, ada beberapa titik lainnya juga," ujarnya.

BACA JUGA:3 Tempat Fitness di Cirebon dengan Fasitilas Hotel Mewah, Akses ke Kolam Renang

Ia mengatakan, sejumlah shuttle bus lainnya yang melayani rute ke BIJB Kertajati dari mulai Bhinneka, City Trans Utama (CTU), dan lainnya rata-rata hanya dialokasikan 300-an tiket gratis.

Namun, pihaknya memprediksi kuota tiket graris untuk angkutan antarmoda dari dan ke BIJB Kertajati tersebut habis paling lama hanya dalam kurun dua pekan.

Hal itu berdasarkan jumlah penumpang di BIJB Kertajati yang dalam waktu dua pekan sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 yang mencapai 17 ribuan orang.

"Dari data rata-rata tingkat keterisian pesawat di BIJB Kertajati juga mencapai 73 persen, sehingga kuota tiket gratis ini diperkirakan habis maksimal dua pekan," kata Dhani Gumelar.

BACA JUGA:Bukan Akuarium, Berikut Cara Memelihara Ikan Koi Menurut Feng Shui

Pihaknya pun memastikan jika alokasi 16 ribu tiket gratis itu habis maka bakal ditambah kembali untuk semakin meningkatkan minat masyarakat terbang dari BIJB Kertajati.

Namun, penambahan alokasi tiket angkutan antarmoda gratis itu baru dilaksanakan paling cepat pada tahun depan, karena anggarannya bersumber dari APBD Perubahan 2023. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase