Wisata ke Palutungan Kini Bebas Macet, via Jalan Baru Kuningan Cisantana-Cipari

Wisata ke Palutungan Kini Bebas Macet, via Jalan Baru Kuningan Cisantana-Cipari

Bupati Kuningan H Acep Purnama meresmikan pengoperasian Jalan Baru Kuningan Cisantana - Cipari, Minggu 3 Desember 2023.-Pemkab Kuningan-

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Wisatawan yang hendak berlibur ke Palutungan KUNINGAN, kini bisa menggunakan jalan baru Cisantana-Cipari.

Jalan baru Kuningan tersebut, sudah dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, Minggu 3 Desember 2023.

Jalan lingkar yang memiliki panjang 2,2 Km dengan lebar 7 meter tersebut, bisa mempermudah akses menuju Wisata Palutungan Kuningan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna, jalan lingkar ini memiliki peran penting.

BACA JUGA:Jalan Baru Kuningan Resmi Dibuka, Kado Terakhir Bupati Acep

Jalan Baru Cisantara-Cipari bisa memecahkan masalah kemacetan dan meningkatkan aksesibilitas ke kawasan wisata Palutungan dan Gunung Ciremai.

Pembangunan jalan baru tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) terbatas.

"Pembangunan jalan ini berhasil diselesaikan oleh Balai Besar Pengembangan Jalan Nasional Daerah Khusus Ibukota (DKI)-Jawa Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” ucap Putu Bagiasna.

Pertumbuhan pesat lokasi wisata dan rumah makan di sekitar jalan lingkar, menunjukkan dampak positif proyek tersebut terhadap sektor pariwisata. 

BACA JUGA:Peringati HKN Ke-59, Dinas Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Kesehatan

Sebelum adanya jalan baru itu, kendaraan sering menumpuk dan terjadi kecelakaan di simpang Tanjakan Dablu, disebabkan oleh geometrik simpang yang di luar standar. 

Arus lalu lintas yang sulit terkendali menuju kawasan wisata, kini mendapatkan solusi dengan beroperasinya jalan lingkar tersebut.

Sebelumnya, Jalan Baru Cisantana-Cipari secara resmi dibuka. Beroperasi jalan baru Kuningan tersebut sekaligus sebagai kado di akhir masa jabatan Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Hadir dalam pembukaan jalan baru tersebut, beberapa tokoh penting yang terlibat dalam penggarapan proyek jalan lingkar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: