KPU Resmi Mengeluarkan Jadwal Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024, Berikut Rincian Tanggalnya

KPU Resmi Mengeluarkan Jadwal Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024, Berikut Rincian Tanggalnya

Ilustrasi. Pemilu 2024.-Dok-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan skema debat CapresCawapres yang akan di gelar mulai 12 Desember mendatang.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) diagendakan sebanyak 5 kali.

Adapun dari 5 kali debat calon presiden dan wakil presiden Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersebut, di mana debat untuk Capres sebanyak 3 kali dan debat untuk Cawapres sebanyak 2 kali.

BACA JUGA:Safari Pembangunan, Bupati Imron Cek 10 Proyek Pekerjaan TA 2023, Termasuk SOR Watubelah

Menurut Hasyim, nantinya debat tersebut akan dilakukan secara bergantian, setelah debat Capres kemudian debat Cawapres, begitu seterusnya hingga debat terakhir pada tanggal 10 Februari 2024 mendatang.

Hasyim juga menjelaskan bahwa debat tersebut juga telah ditentukan temanya yang terdiri dari berbagai sektor mulai dari ekonomi, infrastruktur hingga geopolitik.

Adapun debat pertama merupakan debat Capres akan digelar pada 12 Desember 2023 dengan isu yang akan diangkat antara lain pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. 

Depat yang kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan peserta utama adalah Cawapres.

BACA JUGA:Satreskrim Polres Cirebon Kota Tangkap 2 Tersangka Kasus Curanmor

Dalam debat ini nantinya isu yang akan diangkat adalah tentang ekonomi, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan. 

Kemudian debat ke tiga pada 7 Januari 2024 yang akan kembali sebagai peserta utama adalah Capres dengan isu tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. 

Dilanjutkan debat ke empat akan digelar pada 21 Januari 2024 akan kembali menjadikan Cawapres sebagi peserta utama.

Dalam debat kali ini isu yang akan diangkat antar lain tentang pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agararia, masyarakat adat, dan desa. 

BACA JUGA:Seluruh Pendaki Gunung Marapi Yang Terdata Ditemukan, Tapi..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase