Dua Orang Jurnalis TVRI Ditunjuk Menjadi Moderator dalam Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Tahap Pertama

Dua Orang Jurnalis TVRI Ditunjuk Menjadi Moderator dalam Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Tahap Pertama

Ilustrasi debat kandidat capres dan cawapres.--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Moderator dalam debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 tahap pertama, sudah ditentukan oleh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam keputusannya, KPU telah menunjuk dua nama yang akan menjadi moderator di debat capres dan cawapres Pemilu 2024.

Dua nama yang ditunjuk oleh KPU untuk menjadi moderator dalam debat capres dan cawapres Pemilu 2024 tahap pertama adalah yaitu Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

BACA JUGA:Heboh Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur, Pihak Desa dan KUA Merasa Dibohongi

BACA JUGA:Pidato Anies Baswedan di Cirebon: Kita Ingin Perubahan

Kedua orang tersebut merupakan jurnalis yang bekerja di stasiun televisi nasional, TVRI.

"Kita sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerian Daniel," ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Desember 2023.

Dua nama tersebut merupakan bagian dari usulan yang diterima oleh pihak KPU RI dan nantinya akan memandu jalannya acara debat capres-cawapres tahap pertama.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Dia mengatakan bahwa moderator nantinya akan memandu jalannya acara debat capres-cawapres.

BACA JUGA:Pengungsi Rohingya Datangi Indonesia, Begini Keterangan UNHCR

BACA JUGA:Kampanye di Kota Cirebon, Anies Baswedan Dapat Doa Dari Sultan Kasepuhan PRA Luqman Zulkaedin

"Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu," kata Hasyim Asy'ari, Rabu, 6 Desember 2023.

"Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan," sambungnya.

Adapun kata Hasyim, yang menjadi pertimbangan dalam menunjuk moderator, yaitu harus bisa menguasasi isu tema sekaligus jalannya acara, mengingat akan berlangsung selama 120 menit.

"Tentu saja itu jadi bahan pertimbangan dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu, kan, tidak mengurangi masing-masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab," tandasnya.

BACA JUGA:9 Orang Terjebak di Lift Klinik Kecantikan di Cirebon, Berhasil Dievakuasi Petugas Damkar

BACA JUGA:Dishub Segera Berlakukan One Way di Jalan Kawasan Ibu Kota Kabupaten Cirebon

Diketahui, Ardianto Wijaya sendiri pertama kali terjun ke TVRI, yaitu sejak tahun 2012. Di ditunjuk sebagai pewara berita atau news anchor untuk TVRI Jawa Barat selama 4 tahun.

Lalu pada tahun 2017, dia dipercaya untuk menjadi Pewara Berita di TVRI Nasional hingga saat ini.

Sedangkan untuk Valerina Daniel sendiri, sudah lebih dulu terjun di dunia junalis, yaitu sejak tahun 2000 sebagai presenter di program berita Lintas 5 TPI.

Namun, saat ini dirinya telah menjadi penyiar berita di TVRI World, saluran televisi resmi pemerintah Indonesia yang dibawakan dalam Bahasa Inggris dan disiarkan secara internasional.

Tidak hanya itu, bahkan pada HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis 17 Agustis 2023 lalu, dirinya dipercaya sebagai pembawa acara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase