Soal Penegakkan HAM di Papua, Ketiga Capres: Dialog Harus Diketengahkan

Soal Penegakkan HAM di Papua, Ketiga Capres: Dialog Harus Diketengahkan

Debat capres pertama menuju Pemilu 2024 menghadirkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.-Tangkapan layar-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Persoalan penanganan HAM di Papua menjadi salah satu isu yang diperdebatkan dalam debat pertama capres menuju Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2023.

Dalam pandangannya, capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan persoalan di Papua bukan soal kekerasan tetapi pengusutan pelanggaran HAM.

Dijelaskan, bahwa penyelesaian masalah di Papua bukan soal meniadakan kekerasan. Tapi, memastikan bahwa perdamaian itu dihadirkan dengan keadilan.

BACA JUGA:Anies Sindir Gibran, Prabowo: Jangan Munafik, Ganjar: Pemerintah Dijalankan Bukan dengan Kata-kata

"Jadi, tujuannya bukan semata-mata tentang meniadakan kekerasan. Karena damai itu bukan tiada kekerasan, damai itu ada keadilan. Itu prinsip utamanya," jelasnya.

Oleh karena itu, dia mendorong agar peristiwa pelanggaran HAM di Papua diusut tuntas. Sebab, menurutnya, inilah cara penyelesaiannya.

"Atas semua peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi dilakukan tindakan penyelesaian sampai tuntas," katanya.

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di Papua dan daerah lainnya. Anies mengungkapkan bahwa keadilan itu harus dihadirkan di tanah Papua.

BACA JUGA:Latih Ratusan Siswa SSB, Dispora Kabupaten Cirebon Gandeng Pemain Persib

Terakhir, Anies Anies menawarkan jalan dialog. Dialog itu dilakukan secara partisipatif.

Menanggapi hal tersebut, capres nomor 2 Prabowo Subianto menegaskan bahwa hal itu tidak sederhana.

"Benar, saya sangat setuju kita harus ada pendekatan dialog," kata Prabowo.

Tapi, lanjut Prabowo, bahwa penegakkan keadilan di Papua tak sederhana. Sebab, menurut Prabowo banyak faktor lainnya.

"Jadi benar, keadilan, benar sekali harus ada keadilan. Tetapi saya ingin mengatakan tidak sesederhana itu Pak Anies," ujar Prabowo.

BACA JUGA:Debat Pertama Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Dimulai, KPU Larang Pendukung Bawa APK

Sebab, ada faktor lain untuk menegakkan keadilan di Papua, seperti faktor geopolitik dan ideologi. “Ini lah yang masalahnya tidak gampang," sambungnya.

Lebih jauh, Prabowo mengatakan bahwa dialog dan keadilan harus ditegakkan di Papua. Untuk itu, kata Prabowo, perlu seluruh elemen masyarakat.

"Tapi saya berpendapat, kita harus tegakkan keadilan, kita harus dialog. Ini masalah bangsa, semua kekuatan harus kita rangkul," imbuhnya.

Sementara, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyepakati bahwa atasi persoalan di Papua harus diselesaikan melalui dialog.

BACA JUGA:Jelang Pelaksana Pemilu 2024, KPU se-Jabar Gelar Bintek Pengelolaan Logistik dan Keuangan

"Karena dialog menurut saya menjadi sesuatu yang penting agar seluruh kekuatan yang ada di sana, seluruh kelompok yang ada di sana bisa duduk bersama untuk menyelesaikan itu," kata Ganjar.

Tema debat perdana untuk capres kali ini yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase