Bupati Imron: Jiwa Kesetiakawanan Harus Diperkokoh untuk Atasi Masalah Sosial

Bupati Imron: Jiwa Kesetiakawanan Harus Diperkokoh untuk Atasi Masalah Sosial

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg secara simbolik menyerahkan bantuan kepada salah satu penerima dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023 di Hotel Aston Cirebon, Rabu 20 Desember 2023.-Diskominfo Kabupaten Cirebon-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menghadiri peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023 di Hotel Aston Cirebon, Rabu 20 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Imron menyampaikan, bahwa nilai-nilai kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bangsa Indonesia, pada dasarnya telah ada sejak zaman nenek moyang.

Menurutnya, sebagai bangsa yang merdeka, jiwa semangat tersebut merupakan potensi spiritual dan sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik.

BACA JUGA:Hari Ini, Kamis 21 Desember 2023, Ruas Tol Kanci-Pejagan Terapkan Diskon Tarif 10 Persen

BACA JUGA:Pagelaran Seni Budaya Losari 2023, Bentuk Kepedulian Terhadap Karya Leluhur

“Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh di dalam masyarakat sejak dahulu perlu dilestarikan,” tuturnya.

Jiwa dan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan, kekeluargaan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh di dalam masyarakat.

Lanjut Bupati Imron, harus senantiasa dikembangkan, direvitalisasi, dan didayagunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini, bangsa Indonesia tidak lagi menghadapi peperangan, akan tetapi dihadapkan pada berbagai masalah sosial,” imbuhnya.

BACA JUGA:Libur Nataru 2023-2024, Astra Tol Cipali Beri Diskon 10 Persen, Dimulai Dari Tanggal...

“Sehingga, kekuatan yang berupa jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial, harus diperkokoh dan diarahkan untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sosial yang semakin kompleks,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa pembangunan kesejahteraan sosial tidak mungkin dilaksanakan oleh pemerintah sendiri, melainkan juga harus dilaksanakan secara sinergis antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Bupati Imron mengharapkan, pemerintah tetap memposisikan diri, bukan sebagai provider pembangunan, tetapi lebih pada perannya sebagai fasilitator, regulator dan pengendali.

BACA JUGA:KONI Kota Cirebon Berharap Pemkot Bisa Akomodir Atlet Berprestasi ke SKPD atau BUMD

Guna mencapai kondisi tersebut, perlu dibangkitkan spirit kebersamaan pada masyarakat untuk dapat mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhannya berdasarkan potensi yang dimilikinya sendiri.

“Maka dalam rangka menanamkan nilai-nilai keperintisan, kepahlawanan, dan kejuangan, saya berharap, jiwa kesetiakawanan sosial dan kepedulian sosial yang ada di masyarakat Kabupaten Cirebon agar terus dikembangkan, diperkuat dan diperkokoh untuk mengatasi permasalahan sosial yang semakin meningkat dan kompleks,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase