Olahraga Ringan yang Cocok untuk Manula: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Aktivitas yang Tepat

Olahraga Ringan yang Cocok untuk Manula: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Aktivitas yang Tepat

Olahraga Ringan -istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM -Orang melakukan olahraga untuk mempertahankan atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik mereka. Kebutuhan akan olahraga akan berubah seiring bertambahnya usia. Berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri otot dan sendi, tekanan darah tinggi, pikun, dan diabetes, dapat meningkat pada lansia yang kurang bergerak atau jarang berolahraga.

Sebenarnya, berolahraga dengan intensitas tinggi dapat menjadi lebih sulit dan meningkatkan risiko cedera, tetapi ada 6 olahraga yang aman untuk orang lanjut usia dan tidak menyebabkan cedera pada tulang dan sendi.

Berolahraga terus menerus di usia tua dapat mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, memperlambat demensia, dan mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Untuk membantu orang tua tetap bugar dan sehat, ini adalah saran olahraga yang aman untuk mereka.

BACA JUGA:Siagakan Petugas, PLN Pastikan Kesiapan Keandalan Pasokan Listrik Menyambut Nataru

1. Jalan kaki
Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang paling disarankan untuk orang tua karena mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Jalan kaki menjaga kesehatan jantung, membakar kalori, dan meningkatkan stamina.

2. Bersepeda
Selain jalan kaki, bersepeda juga disarankan untuk orang tua. Bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung dan memperkuat tulang, otot, dan sendi tubuh. Namun, pastikan Anda mendampingi orang tua saat berolahraga ini untuk menghindari bahaya seperti jatuh dari sepeda. Selain itu, lebih baik bersepeda di sekitar rumah daripada terlalu jauh.

3. Berenang
Berenang dapat membantu orang tua menggerakkan seluruh tubuh mereka jika memungkinkan.
Berenang membantu paru-paru, otak, dan jantung tetap sehat. Gerakan renang juga dapat memperkuat otot dan persendian Anda.

4. Yoga
Salah satu jenis olahraga yang patut dicoba untuk orang tua berusia lima puluh tahun ke atas adalah yoga. Yoga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, serta untuk menjaga kesehatan mental. Dengan melakukan yoga secara teratur, orang tua dapat terhindar dari stres dan depresi, yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

BACA JUGA:Cara Membuat Makanan Kucing dari Tempe saja

5. Latihan keseimbangan
Tubuh biasanya kehilangan keseimbangan saat usia senja, meningkatkan risiko cedera. Latihan keseimbangan dapat membantu mengurangi kemungkinan terjatuh saat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Berdiri di atas satu kaki atau berjalan jinjit adalah dua pilihan untuk melakukan latihan ini.

6. Tai chi
Tai chi adalah olahraga asal Tiongkok. Gerakan tai chi sangat mirip dengan gerakan senam, tetapi ritmenya lebih lambat. Olahraga ini meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh.

Selain pilihan olahraga yang disebutkan di atas, Anda juga dapat tetap aktif dengan bermain bersama cucu atau berkebun. Namun, untuk menjaga keamanan Anda, Anda disarankan untuk didampingi oleh keluarga saat berolahraga.

Anda juga harus lebih selektif dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan kondisi kesehatan Anda, terutama jika Anda menderita penyakit jantung atau arthritis.

BACA JUGA:Penerus Negeri Tukar Sampah Plastik dengan Sembako

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menentukan jenis olahraga yang aman untuk lansia jika Anda sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit tertentu. (Diah Novianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: