Selama Tahun 2023 Warga Kota Jadi PMI 239 orang, 11 Orang PMI Bermasalah

Selama Tahun 2023 Warga Kota Jadi PMI 239 orang, 11 Orang PMI Bermasalah

Disnaker merilis jumlah PMI Kota Cirebon dan PMI bermasalah selama tahun 2023-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama Ini menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin bekerja dan mendapatkan penghasilan besar. Tanpa terkecuali warga Kota Cirebon tidak sedikit yang tertarik menjadi PMI (Dulu TKI) diluar negeri.

Selama tahun 2023 jumlah warga kota yang menjadi PMI mencapai ratusan orang. Subkor penempatan dan perlindungan tenaga kerja luar negeri Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Muhammad  Yani SH  kepada Radar diruang kerjanya mengakui warga kota Cirebon yang berminat menjadi TKI cukup banyak.

selama tahun 2023, jumlah PMI dari Kota Cirebon hingga bulan  Desember 2023 sebanyak 239 orang. Angka ini, menurut Yani, tergolong besar, dan rata-rata negara tujuan PMI  dominan adalah Taiwan, Hongkong, dan Malaysia.

"Tenaga tujuan paling banyak Taiwan, Hongkong dan Malaysia," bebernya.

BACA JUGA:Kebakaran Toko Kosmetik Eka Cirebon, Begini Pengakuan Anak Pemilik Toko

BACA JUGA:6 Tempat Wisata Murah Meriah di Majalengka

Namun demikian, ada juga warga kota Cirebon Yang menjadi  PMI bermasalah,  selama tahun 2023 warga kota Cirebon yang menjadi PMI bermasalah sebanyak 11 orang.

Jumlah PMI bermasalah, paling dominan dari kelurahan Pegambiran, disusul kesenden dan Kelurahan Kecapi.

"Munculnya PMI bermasalah karena tergiur janji manis agen tenaga kerja mulai gaji besar dan mudah prosedurnya, namun dalam pelaksanaannya justru mereka menderita karena ada yang digagalkan keberangkatannya keluar negeri seperti satgas berhasil menggagalkan PMI ilegal berangkat ke luar negeri melalui bandara Juanda Surabaya dan diantaranya adalah warga kota Cirebon," pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Kebakaran Toko Eka Jl Pekiringan Cirebon, Petugas Damkar Sebut Masalah Susah Air

BACA JUGA:10 Tempat Makan Seblak di Cirebon yang Enak dan Terkenal, Lengkap dengan Alamatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: