Menggugah Selera, 5 Oleh Oleh Khas Majalengka ini Cocok Untuk DIbawa Pulang

Menggugah Selera, 5 Oleh Oleh Khas Majalengka ini Cocok Untuk DIbawa Pulang

Oleh Oleh Khas Majalengka-Istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM- Di antara berbagai daerah yang tersebar di Jawa Barat, nama Majalengka belakangan ini cukup populer karena massive-nya perkembangan di sana. Selain menyimpan kekayaan alam yang indah, Majalengka juga ternyata punya sederet makanan khas yang menggugah selera.

Majalengka sendiri merupakan salah satu daerah yang kerap dilalui ketika kita hendak menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari arah Ibu Kota Jakarta. Nah, jika kalian siap untuk berburu oleh-oleh untuk sanak family  di kampung halaman, berikut rekomendasi yang sudah dihimpun IDN Times. 

Di bawah ini adalah beberapa kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Majalengka. Jangan lupa mampir ke Majalengka sebelum menuju kampung halaman. 

BACA JUGA:Liburan Tahun Baru Kemana?, SIMAK! Wisata Cikadongdong River Tubing Info Terbaru di Majalengka, Lengkap

1. Jalakotek

Jalakotek merupakan cemilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis. Bagaimana penasaran kan dengan uniknya nama makanan tersebut dan rasanya?

Kecamatan Maja merupakan daerah yang terkenal penghasil Jalakotek yang lezat. Sebarannya pun merata mulai dari desa Paniis, Maja Utara, Maja selatan hingga desa Pasanggrahan.

 

2. Oncom Goreng

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya lebih kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng. Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mi ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh – oleh.

Sesuai namanya yang terbuat dari oncom. Oncom bentuknya seperti tempe tapi berwarna merah kejinggaan karena terbuat dari kacang tanah dan di fermentasi oleh bakteri yang berbeda dengan bakteri pada tempe. Oncom goreng ini rasanya enak dan gurih. Cocok dijadikan camilan atau lauk untuk makan.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi Saat Libur Tahun Baru! Ini 5 Rekomendasi Spot Foto di Majalengka yang Bikin Kamu Ketagihan

Oncom goreng ini juga bisa jadi andalan untuk dibawa sebagai oleh oleh di rantauan dan menjadi menu favorit banyak orang. Oncom goreng ini banyak di jual di pasar tradisional, pusat oleh-oleh, dan supermarket di majalengka. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: