Gapura Taman Pataraksa Ambruk, Bupati Imron Kecewa dan Minta Dibangun Ulang

Gapura Taman Pataraksa Ambruk, Bupati Imron Kecewa dan Minta Dibangun Ulang

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi gapura Taman Pataraksa yang ambruk, Rabu 3 Januari 2024.-Diskominfo Kabupaten Cirebon -

"Saya minta kepada penyedia untuk mengganti semua gapura tradisionalnya. Dibangun dari awal dan harus sesuai dengan gambar awal," lanjutnya.

Hasil rapat dengan konsultan serta pelaksana, Iwan menambahkan, pihak pelaksana, yaitu PT. Caesar Utama Karya, sanggup dan bertanggungjawab untuk membangun kembali gapura yang ambruk. 

BACA JUGA: Bisa bikin kamu betah INI DIA! 3 Spot tempat wisata di kaki gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat

BACA JUGA:4 Pilihan Tempat Staycation di Kuningan

Kedua, pihak konsultan pengawas sanggup mengawasi pelaksanaan pembangunan kembali gapura, tanpa ada biaya pengawasan dari Pemda.

"Ketiga, hasil analisa terhadap kejadian rubuhnya gapura, dimungkinkan karena ada pergerakan batu dalam gapura."

"Yang mengakibatkan masuknya air ke dalam gapura. Pergerakan tersebut menyebabkan batu mendorong dinding bata," jelas Iwan.

Ia menambahkan, pembangunan Alun-alun Pataraksa ini telah menelan anggaran Rp15,7 miliar lebih, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat. 

BACA JUGA:Tempat Makan Nyaman di Kuningan Konsep Jadul, Di Sini Lokasinya

Tahap pertama, kata Iwan, tahun 2021 Rp11,6 miliar, kemudian dilanjutkan tahap kedua pada tahun 2023 dengan anggaran Rp4,1 miliar.

"Yang tahap pertama adalah pekerjaan konstruksi, dan tahap kedua untuk pekerjaan finishing."

"Termasuk gapura tradisional yang saat ini ambruk senilai Rp226 juta, dan gapura modern yang terletak di depan pintu masuk Alun-alun Pataraksa," tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase