7 Kuliner Khas Kabupaten Kuningan yang Wajib Dibeli; Nomor 5 Hampir Punah

7 Kuliner Khas Kabupaten Kuningan yang Wajib Dibeli; Nomor 5 Hampir Punah

Tahu kecap adalah makanan yang berasal dari kabupaten Kuningan. Makanan yang satu ini dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. -Foto: istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Selain terkenal dengan sejuknya udara pegunungan, Kuningan juga menawarkan beragam masakan khas yang lezat. Di sini Anda bisa menemukan beraneka ragam kuliner khas Kuningan

Agar tidak menyesal, berikut beberapa kuliner khas Kuningan yang patut Anda coba selama berada di sana:   

7 Kuliner Khas Kuningan

Anda bisa mencoba banyak kuliner khas Kuningan. Namun, ada beberapa hidangan yang benar-benar melegenda dan sayang sekali jika dilewatkan Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut:   

1. Peuyeum Ketan   

Peuyeum Ketan merupakan makanan tradisional Jawa Barat yang terbuat dari beras ketan putih atau merah. Persiapannya melibatkan pengukusan dan fermentasi dengan ragi. 

BACA JUGA:Tips Terhindar dari Flu Saat Datang Musim Hujan

Peuyeum tersebut kemudian dibungkus dengan daun jambu biji untuk memberikan aroma dan rasa yang khas, dan ditambahkan daun katuki untuk memberikan warna hijau dan tekstur yang tidak mudah mengalir.  

Hidangan khas Kuningan ini bisa ditemukan di pusat oleh-oleh dan sering disajikan dalam ember hitam agar air peuyeum tidak tumpah. Untuk mengimpor satu ember Ketan Peuyeum, Anda perlu menyiapkan Rp 55.000-100.000 tergantung besar kecilnya ember. 

2. Opak Bakar 

Opak bakar merupakan makanan khas Kuningan yang cocok dipadukan dengan kopi pagi karena diolah dengan cara dipanggang. Terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa, camilan ini diiris tipis-tipis sehingga teksturnya renyah dan mudah digunakan untuk segala usia.   

Opak Bakar khas Kuningan wajib banget kamu coba untuk momen ngopi pagi dan sore hari! Jajanan ini bisa Anda temukan di toko oleh-oleh dengan harga berkisar Rp 25.000 hingga 33.000 per kotak. 

BACA JUGA:Mulai Senin Besok, Kemenkes Gelar Imunisasi Polio Serentak Secara Nasional

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: